Breaking News
Home / Ragam / Gaya Hidup / 3 Ide Kreatif Membuat Olahan Pepes yang Lezat dan Praktis
Pepes Tahu Udang (Foto: Citarasaindonesia)

3 Ide Kreatif Membuat Olahan Pepes yang Lezat dan Praktis

agregasi

 

PEPES atau pais merupakan salah satu teknik memasak khas Jawa Barat untuk mengolah bahan makanan seperti ikan atau daging ayam menggunakan daun pisang sebelum dipanggang. Untuk memperlezat cita rasanya, pepes biasanya diolah dengan tambahan bumbu rempah yang dihaluskan, lalu diberi taburan daun kemangi dan irisan tomat segar.

Semua bahan kemudian dibungkus dengan daun pisang, lalu disematkan kayu lidi di setiap udungnya. Nah, bungkusan inilah yang kemudian akan dibakar atau dipepes di atas bara api sampai mengering dan bagian dalamnya matang sempurna.

Di Indonesia sendiri sebetulnya ada beragam olahan pepes dengan keunikan daerahnya masing-masing. Okezone berhasil merangkum 3 kreasi olahan pepes yang bisa Anda coba di rumah untuk menu berbuka puasa, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Jumat (8/6/2018).

Pepes Fillet Ayam

Kreasi pepes yang satu ini mungkin menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia. Untuk membuatnya Anda perlu menyediakan beberapa potong ayam filet, jamur kancing sebgai bahan pelengkap, serta beberapa jenis bumbu rempah seperti cabai hijau, serai, tomat hijau, telur, cabai rawit merah, kemangi, kunyit, jahe garam, minyak dan pisang secukupnya.

Langkah selanjutnya adalah menghaluskan bumbu rempah dan mencampurkannya dengan daging ayam. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata, lalu bungkus dengan daun pisang. Pepes pun siap dikukus atau dibakar selama kurang lebih 35 menit hingga matang dan padat.

Pepes ayam fillet
(Youtube)

Pepes Hati Ayam

Selain menggunakan daging ayam, Anda juga bisa membuat olahan pepes yang lezat dari potongan hati ayam. Teknik pengolahannya kurang lebih sama. Tapi jika ingin mendapatkan olahan pepes dengan sensasi rasa gurih yang pas, Anda dapat menambahkan santan kelapa secukupnya.

Pepes Ati Ayam

(Foto: Dailycookingquest)

Pepes Tahu Udang

Tidak punya stok ayam di rumah? Jangan khawatir, tahu ternyata juga dapat dijadikan bahan dasar untuk membuat olahan pepes yang lezat. Proses pembuatannya memang terbilang sederhana, tapi dari segi rasa tidak perlu diragukan lagi. Tambahkanlah beberapa potong udang segar dan jamur merang untuk memperlezat cita rasanya. Kalau suka makanan pedas, jangan sungkan menggunakan cabai rawit merah yang diiris kecil-kecil.

Pepes Tahu Udang

(Foto: Citarasaindonesia)

Check Also

Makan Sahur Pakai Oat, Ini 4 Fakta Menariknya!

  JIKA Anda ingin sahur praktis dan cepat, tapi malas masak, bisa mengandalkan makan oat. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.