Home / Ragam / Kesehatan / 3 Cara Olah Sayuran, Jangan Kebanyakan Pakai Micin
Ilustrasi Sayuran. (Foto: Reuters)

3 Cara Olah Sayuran, Jangan Kebanyakan Pakai Micin

agregasi
agregasi

 

SEKILAS mengolah sayuran memang terlihat mudah, praktis, dan sederhana. Namun, untuk mendapatkan nutrisinya secara maksimal, dibutuhkan teknik khusus agar tekstur dan nutrisinya tidak rusak selama proses pengolahan berlangsung.

Tidak perlu bingung, berikut Okezone rangkumkan 3 tips mengolah sayuran segar, agar rasanya semakin lezat dan menyehatkan, mengutip buku Aneka Sayur Praktis dan Lezat untuk Sehari-hari, karya Tim Dapur Demedia, Kamis (3/5/2018), Selamat mencoba!

Image result for vegetable, reuters
(Foto: Reuters)

Kurangi Pemakaian MSG

Monosodium glutamate (MSG) alias micin, adalah penyedap rasa sintetis (buatan). Sebagai produk makanan sintetis tentunya MSG tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara terus menerus. Ada trik untuk membuat sayur menjadi gurih tanpa pemakaian MSG.

1. Tambahkan protein hewani ke dalam sayur, misalnya daging/tetelan, ayam, ikan atau, udang. Kaldu yang dihasilkan akan memberi rasa gurih yang lembut dalam masakan.

2. Gunakan bumbu gurih alami, misalnya (udang kering) dan terasi. Santan juga memberikan rasa gurih pada masakan. Saat membuat sayur, pakailah santan segar yang diperas langsung dari kelapa parut.

3. Gunakan campuran antara gula pasir dan garam untuk memberi rasa gurih. Kombinasi dari garam, santan cukup memberi rasa gurih pada masakan.

Image result for vegetable, reuters
(Foto: Reuters)

Santan instan atau segar?

Santan instan atau santan kemasan adalah santan biasa yang diproses dengan penambahan bahan emulsi (pengental) dan pengawet makanan. Santan instan, lebih cocok untuk bahan campuran kue, karena selain warnanya putih bersih rasanya juga lebih manis.

Image result for vegetable, reuters
(Foto: Reuters)

Jangan dimasak terlalu lama

Sayuran jangan dimasak terlalu lama, karena akan merusak kandungan vitamin dan struktur proteinnya. Kerusakan struktur protein dalam sayuran ditandai dengan perubahan warna dan rasa. Misalnya, kangkung yang terlalu lama dimasak akan menjadi kehitaman, bayam akan berubah menjadi hijau kekuningan dan sawi hijau (caisim) akan berubah rasa menjadi pahit.

Cara paling aman adalah dengan mematangkan sayur dengan api besar dan cukup sebentar saja. Begitu diangkat dari api, panas yang tersisa akan mematangkan sayuran secara perlahan. Sayuran tidak akan berubah warna maupun rasa.

Check Also

Pesan Avocado Toast Seharga Rp266 ribu, Wanita Ini Marah saat Makanan Datang

  MENIKMATI menu sarapan favorit di akhir pekan tentu merupakan momen yang dangat dinantikan oleh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: