Home / Ragam / Kesehatan / 10 Penyebab Lidah Berwarna Kuning, Tak Selalu Berbahaya Tapi Harus Waspada
Ilustrasi kesehatan lidah (Foto: STD)

10 Penyebab Lidah Berwarna Kuning, Tak Selalu Berbahaya Tapi Harus Waspada

agregasi

 

BANYAK cara untuk mengidentifikasi kesehatan seseorang. Salah satunya melihat kondisi anggota tubuh tertentu seperti lidah. Warna lidah dapat memberikan informasi kesehatan. Idealnya lidah yang sehat berwarna merah muda atau pink.

Maka tidak salah bila ada orang yang sedikit khawatir ketika melihat lidahnya berwarna lain seperti kuning. Lidah kuning biasanya kondisi yang tidak berbahaya hanya saja terkadang ini juga merupakan gejala serius. Lidah kuning terjadi ketika sel-sel kulit mati, bakteri, atau partikel terperangkap atau menumpuk di permukaan lidah.

Tanda-tanda lidah kuning bervariasi tergantung penyebabnya. Dalam sebagian besar kasus, perawatan dasar di rumah seperti menjaga kebersihan mulut dengan baik dapat membuat lidah berwarna normal dalam hitungan hari hingga minggu.

Namun pada beberapa kondisi diperlukan penanganan lebih lanjut dari dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Melansir Medical News Today, Selasa (4/9/2018), inilah beberapa penyebab lidah kuning :

Produk kebersihan mulut dengan oksidator

Beberapa produk kebersihan mulut seperti obat kumur, bilasan, dan pasta gigi mengandung bahan kimia atau partikel yang dapat menyebabkan mulut kering, mengiritasi sel kulit di lidah, serta menyebabkan lidah berubah warna. Beberapa senyawa yang dapat mengubah warna lidah antara lain peroksida, menthol, alkohol, timol, dan eucalyptus.

Kebersihan mulut yang buruk

Membersihkan gigi dan lidah membantu mengurangi bakteri di permukaan lidah sehingga mengurangi risiko mengembangkan lidah kuning. Namun bila gigi dan lidah tidak rutin dibersihkan maka bisa saja terjadi perubahan warna.

Penggunaan tembakau

Produk tembakau mengandung senyawa dan racun yang dapat menghitamkan atau mengiritasi sel kulit termasuk lidah. Tembakau dapat menyebabkan sel membesar sehingga meningkatkan kemungkinan terjebaknya partikel dan bakteri yang dapat mengubah warna.

Mulut kering

Air liur secara alami membantu membersihkan bakteri dan partikel yang berlebih dari permukaan lidah. Dehidrasi dapat mengurangi produksi air liur sehingga bakteri dan partikel makanan tetap berada di dekat sel. Kondisi ini meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri yang berlebih.

Makanan dengan pewarna yang menempel di lidah

Banyak makanan mengandung pewarna yang dapat menodai lidah atau tetap lengket sehingga memudarkan permukaan lidah.

Obat-obatan tertentu

Beberapa obat dan obat-obatan juga mengandung partikel pewarnal yang menyebabkan perubahan warna pigmen atau melemahkan sistem kekebalan tubuh. Zat umum dan obat-obatan yang dapat meningkatkan kemungkinan lidah kuning adalah obat diabetes, obat pengencer darah, antibiotik, lansoprazole, minocycline, obat kanker dan radiasi, serta obat antipsikotik.

Sariawan

Pertumbuhan berlebih dari bakteri Candida dapat menyebabkan bercak putih di lidah yang akhirnya mengembangkan warna kuning.

Penyakit kuning

Pada orang yang bilirubin tinggi terkadang bagian tubuh menjadi menguning termasuk pada lidah. Tidak seperti banyak penyebab lidah kuning, penyakit kuning membutuhkan perhatian medis dan pengobatan segera. Sebab bisa saja sebagai tanda kondisi kronis yang berbahaya seperti gagal hati.

Kondisi eksim dan autoimun

Beberapa kondisi autoimun seperti eksim dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga memungkinkan bakteri yang tidak berbahaya untuk tumbuh terlalu cepat di lidah. Penelitian pada 2017 mengatakan 32 dari 35 orang dengan lapisan lidah kuning mengalami eksim akut atau berat.

Kondisi lambung dan infeksi

Kondisi yang menyebabkan peradangan pada lapisan lambung telah diketahui dapat menyebabkan lidah kuning. Beberapa penelitian telah mengonfirmasi lapisan lidah yang menebal dan berwarna kuning dikaitkan dengan kasus gastritis kronis atau peradangan pada lapisan lambung terutama ketika disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori .

Check Also

Atasi Sembelit dengan Makan 5 Buah Ini, Mudah Dicari Kok

  MASALAH pencernaan yang dapat menyerang kapan saja tentu membuat kita kesal. Terlebih, jika kita ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: