Home / Ragam / Kesehatan / 10 Manfaat Tertawa, Obat Terbaik Penangkal Stres dan Depresi
Ilustrasi

10 Manfaat Tertawa, Obat Terbaik Penangkal Stres dan Depresi

agregasi

 

MENGHABISKAN waktu dengan aktifitas yang padat, membuat perasaan menjadi tidak karuan. Lelah, stres dan banyak pikiran.

Hal tersebut bisa berdampak pada masalah kesehatan. Nah, salah satu cara untuk mengatasi stres, banyak pikiran, dan rasa sakit yang selama ini terpendam adalah bahagia. Banyak yang bilang tanda bahagia adalah tawa! Benarkah?

Sebenarnya tanda bahagia menurut setiap orang pasti berbeda. Tetapi kebanyakan orang yang bahagia adalah banyak tawa daripada sedih dan merenung. Tertawa yang dimaksud adalah bukan tertawa negatif, melainkan hal yang positif. Okezone telah melansir dari Indiatimes, Jumat (31/8/2018), ternyata tertawa banyak manfaat dan membuat mood kita menjadi positif.

1. Merasa lebih baik

Tertawa bisa membuat perasaan menjadi lebih baik. Mood yang buruk, akan berakibat pada aktifitas keseharian Anda. Jika sering tertawa dan tersenyum, Anda bisa mengembalikan mood.

2. Tertawa juga meningkatkan asupan oksigen

Polusi udara akan berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru. Ternyata tertawa bisa membantu Anda untuk meningkatkan asupan oksigen baik dan dapat membantu Anda menghindari dari penyakit tertentu.

3. Mengurangi tingkat stres dan membuat Anda tetap tenang

Begitu banyak hal yang terjadi dalam hidup. Masalah pekerjaan, percintaan, rumah tangga, dll. Masalah tersebut yang meningkatkan stres. Untuk mengurangi tingkat stres ini, banyaklah tertawa. Berteman dan temui orang-orang yang membuat Anda tertawa dan lakukan hal positif bersama.

4. Memperlambat proses penuaan

Percaya atau tidak, tertawa bisa memperlambat proses penuaan. Tertawa memiliki kemampuan untuk memperlampat proses penuaan dengan cara meningkatkan kadar endorphin.

5. Lebih produktif

Tertawa dapat menyegarkan otak dan itu sebabnya Anda biasa bekerja lebih produktif.

6. Bebas dari depresi 

Setiap orang pasti pernah merasakan depresi. Tertawa bisa membebaskan Anda dari masalah depresi. Meskipun tidak langsung bisa meghilangkannya, setidaknya tertawa dapat memperlambat Anda dari gangguan depresi.

7. Menyegarkan otak kanan

Apakah Anda pernah mendengar fungsi dari otak kiri dan otak kanan? Otak kiri berfungsi untuk logika, kemampuan membaca, menulis. Sedangkan otak kanan berfungsi untuk kemampuan emosional dan kreatifitas. Tertawa bagus untuk menyegarkan otak kanan Anda.

8. Lebih ramah

Apakah Anda ikut tertawa atau tersenyum ketika melihat orang lain tersenyum dan tertawa? Nah, tertawa dapat membuat kita lebih ramah dan merasa dekat dengan orang lain.

9. Kuat menghadapi masalah

Tertawa membuat perasaan selalu positif dan itu akan menjadikan Anda lebih tangguh dan lebih siap dalam menghadapi semua masalah kehidupan yang dihadapi.

10. Mengubah suasana hati

Tertawa adalah cara terbaik untuk mengubah suasana hati Anda. tertawa bersama teman, keluarga, dapat mengubah suasana hati Anda menjadi lebih baik. Tertawa adalah obat yang terbaik, gratis dan tidak memiliki efek negatif.

Check Also

Hati-Hati Bunda, Ini Gejala Anak bila Alami Depresi

  JANGAN salah bunda, anak-anak juga dapat mengalami depresi akibat banyak masalah yang dia hadapi. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: