Home / Ragam / Gaya Hidup / 10 Fakta Menara Jeddah, Gedung Tertinggi Dunia
Menara Jeddah (foto: Architizer)
Menara Jeddah (foto: Architizer)

10 Fakta Menara Jeddah, Gedung Tertinggi Dunia

agregasi
agregasi

 

GEDUNG tertinggi di dunia bukan lagi Burj Khalifa yang ada di Dubai. Tapi, Kingdom Tower atau Menara Jeddah, Arab Saudi.

Gedung tersebut akan merebut predikat gedung tertinggi di dunia itu memiliki ketinggian hampir 3.300 kaki atau lebih dari 1 kilometer.

(foto: Architizer)

Dilansir dari Architizer Rabu (31/5/2017) berikut 10 fakta gedung tertinggi di dunia Kingdom Tower, Arab Saudi.

1. Struktur yang sebelumnya dikenal sebagai Kingdom Tower, akan menjadi rumah bagi observatorium tertinggi di dunia. Ini juga akan memiliki balkon outdoor berdiameter 98 kaki yang terpisah, yang pada awalnya ditujukan untuk helipad.

2. Bangunannya sangat tinggi sehingga tidak dapat menampilkannya secara realistis dalam satu sisi. Hanya ketinggian dan pandangan mata burung yang bisa menampung keseluruhan gedung.

3. Tumpukan pondasi kira-kira berdiameter 10 kaki, dan bisa mencapai panjang hingga 360 kaki.

4. Bentuknya fungsional. Didesain untuk melawan hembusan angin dan juga gravitasi, sehingga tiga sisi didesain aerodinamika. Bentuknya yang lancip juga membantu memaksimalkan area yang dapat digunakan / disewakan.

Untuk mengimbangi ukuran, inti yang besar di lantai bawah dengan memperluas dasar, sementara bentuknya juga dipersempit ke atas, sehingga membuatnya lancip di puncak.

5. Bentuknya menarik untuk menara seukurannya. Rencana “tiga kelopak” memungkinkan ekstrusi terpisah untuk dijadikan balkon. Sementara balkon tersebut terinspirasi oleh daun tanaman muda gurun yang dilipat. Lekukan mirip Gill menambahkan skala intrik visual lainnya.

(foto: Architizer)

Check Also

foto: AP

Ivanka Trump Anggun Pakai Busana Desainer Indonesia

HYDERABAD, WOL – Karya rancangan perancang mode Tanah air semakin eksis keberadaannya di kalangan internasional, ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.