Home / Ragam / Gaya Hidup / 10 Cara Efektif Sembuhkan Mimisan dengan Cepat
Ilustrasi

10 Cara Efektif Sembuhkan Mimisan dengan Cepat

agregasi
agregasi

 

SEBAGIAN besar masyarakat di dunia pasti pernah mengalami mimisan. Mimisan dikenal dengan istilah medis epistaksis. Ini merupakan salah satu penyakit yang sangat umum terjadi. Biasanya seseorang rentan mengalami penyakit ini pada musim panas.

Lapisan hidung mengandung berbagai pembuluh darah kecil dan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Ketika pembuluh darah ini pecah, darah mulai mengalir dari lubang hidung. Hal inilah yang menyebabkan mimisan.

Hidung berdarah dapat disebabkan karena berbagai alasan seperti cedera, alergi, masalah pernapasan, operasi hidung, flu biasa, dan bersin yang berlebihan. Ini biasanya terkadi di musim panas karena kapiler darah membesar karena panas.

Posisi berdiri dinilai dapat memperburuk pendarahan. Maka, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah berbaring di tempat tidur. Ini mencegah darah mengalir turun dan membantu mengurangi pendarahan. Selain cara tersebut, ada beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan mimisan.

Melansir dari Times of India, Minggu (23/9/2019), Okezone akan membahasnya satu per satu. Yuk, disimak!

1.Air garam

Tambahkan sedikit garam ke ½ gelas air dan aduk rata. Masukkan beberapa tetes larutan ini ke lubang hidung Anda. Ini akan melembabkan lapisan bagian dalam hidung dan mencegahnya untuk kembali pecah.

2.Jus bawang

Celupkan bola kapas ke dalam jus bawang dan letakkan di lubang hidung yang mimisan selama 3-4 menit. Pilihan lainnya adalah menaruh irisan bawang di bawah lubang hidung dan hirup baunya.

3.Daun jelatang

Anda dapat menghirup bubuk daun jelatang kering atau mengekstrak jus dari beberapa daun jelatang. Aplikasikan beberapa tetes jus daun jelatang pada setiap lubang hidung untuk menghentikan mimisan.

4.Balok es

Cara ini yang paling populer untuk digunakan. Ini adalah salah satu solusi yang paling efektif. Tempelkan bungkusan es batu ke hidung Anda dan minum air es dingin. Cara ini akan membantu Anda menyembuhkan mimisan dengan cepat.

5.Ketumbar

Lapisi lapisan dalam hidung dengan beberapa tetes minyak ketumbar atau jus ketumbar segar. Anda juga bisa mengaplikasikan pasta daun ketumbar segar di dahi. Efek pendinginan dari ketumbar akan menghentikan mimisan dengan cepat.

6.Kayu manis

Rendam kulit kayu manis selama satu malam dalam segelas air panas. Rendam sepotong kapas dalam larutan ini dan letakkan di lubang hidung untuk mempercepat pembekuan darah.

7.Bubuk cabai

Tambahkan 1 sendok teh bubuk cabai ke secangkir air hangat dan minum. Obat ini berfungsi dengan baik dan menghentikan pendarahan dari hidung Anda.

8.Daun kemangi

Kunyah daun kemangi segar atau ekstrak jus dari beberapa daun kemangi dan meneteskannya di setiap lubang hidung. Pendarahan akan berhenti dalam beberapa menit.

9.Baking soda

Campur ½ sdt garam dan ¼ sendok teh soda kue dalam segelas air dan semprotkan ke dalam hidung Anda 3-4 kali sehari. Pendarahan akan berhenti setelah beberapa saat.

10.Cuka apel

Celupkan bola kapas kecil ke dalam setengah cangkir air yang telah ditambahkan sari apel. Taruh beberapa es batu dan letakkan bola di kedua lubang hidung dan tunggu 8 hingga 10 menit. Anda juga dapat mencegah mimisan dengan mencampur 2 sendok teh cuka sari apel dalam segelas air dingin dan meminumnya dua kali sehari.

Check Also

Bersihkan Tubuh dan Ginjal Anda Dengan Segelas Minuman Ini

Waspada.co.id – Tanda paling umum adanya racun di dalam tubuh Anda adalah infeksi, kelelahan, bahkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: