Breaking News
Home / Pilkada / Survei: Erry – JR Saragih Bersaing Ketat di Dairi
Tengku Erry - JR Saragih Bersaing Ketat di Pilgubsu 2018 (WOL Photo/Ist)
Tengku Erry - JR Saragih Bersaing Ketat di Pilgubsu 2018 (WOL Photo/Ist)

Survei: Erry – JR Saragih Bersaing Ketat di Dairi

MEDAN, WOL – Setelah melakukan survei Pilkada selama sepekan di Kabupaten Dairi sebagai sampel awal, berbagai fakta mengejutkan ditemui di lapangan. Dari perhitungan sementara HT Erry Nuradi dan JR Saragih bersaing ketat pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara 2018.

“Sebelum kita masuk ke inti terkait hasil suvei yang kita lakukan, perlu kami sampaikan tentang metode yang kita gunakan dalam melakukan survei Pilkada 2018,” tutur Gunawan Abdillah selaku penangungjawab Onlinesumut.com wilayah Kabupaten Dairi kepada wartawan, Rabu (29/8) .

Menurutnya, metode yang digunakan pihaknya dalam survei perdana ini dilakukan wawancara tatap muka kepada masyarakat secara langsung selaku responden terkait Pilkada Provinsi Sumatera Utara untuk jajak pendapat mengukur tingkat toleransi sikap dan perilaku pemilih terhadap keinginan untuk mengikuti pesta demokrasi yang jatuh pada 27 Juni 2018.

“Selain itu, kita ingin memastikan siapa pasangan yang popular dari 400 responden baik wanita atau pria yang tersebar di 15 kecamatan yang ada dengan sampling error 5% dan tingkat kepercayaan 95%,” terangnya.

Didampingi Direktur Utama Onlinesumut.com, Teuku Yudhistira, turut dijelaskannya juga bahwa penyebaran kuisioner secara merata ke 15 kecamatan dengan prosentase kepadatan jumlah penduduk.

“Rilis survei dan polling menggunakan data survei wawancara tatap muka langsung di 15 Kecamatan dengan populasi 400 responden yang dilakukan pada tanggal 23 sampai dengan 29 Agutus 2017,” terang Gunawan.

Sumber data tersebut, lanjutnya, menggunakan metode multistage random sampling dalam teknik pengambilan sampel responden.

“Dari survei yang kita lakukan, didapatkan hasil temuan survei di 15 Kecamatan Dairi sebagai berikut sebanyak 30,3% memilih JR Saragih dan petahana yakni Erry meraup 27,55% di wilayah Kabupaten Dairi” papar Gunawan.

Dengan demikian, sambungnya, survei membuktikan Tengku Erry dan JR Saragih bertarung sengit dalam Pilkada 2018. Sementara itu selisih suara 42,42% diberi pemilih kepada calon lain.

“Hasil detail survei ini masih kami simpan sebagai riset survei berikutnya termasuk kunci-kunci rahasia kemenangan calon Pilkada Gubernur Sumuatera Utara 2018” pungkasnya. (wol/lvz)

Editor: Ridin

Check Also

WOL Photo/Ilham

Tiang Baliho Tutupi Traffic Light di Simpang Jalan Juanda Medan

MEDAN, WOL – Traffic light tepatnya di persimpangan Jalan Juanda, Medan, membuat pandangan pengendara menjadi ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.