Home / Pilkada / KPU Sumut Nyatakan Berkas Tiga Bakal Paslon Gubernur Lengkap
WOL Photo

KPU Sumut Nyatakan Berkas Tiga Bakal Paslon Gubernur Lengkap

MEDAN, WOL – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut), menyatakan tiga pasangan bakal pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur  yang mendaftar ke KPU Sumut selama tiga hari  yaitu Senin (8/!) sampai Rabu (10/1) lengkap.

Kelengkapan itu selanjutnya akan diteliti dan kepada bakal pasangan calon akan dilakukan pemeriksaan kesehatan selama dua hari  Kamis (11/1)  sampai Jumat (12/1) di Rumah Sakit Adam Malik Medan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Sumut Mulia Banurea bersama komisiner Yulhasni, Iskandar Zulkarnain, Benget Silitonga dan Nazir Salim dalam temu Pers usai pendaftaran terakhir  pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan Medan Rabu (10/1).

“Hari pertama yang mendaftar adalah pasangan Edy-Ijeck dengan jumlah kursi 60 dari partai yang mengusung, Gerindra, PKS, PAN, Golkar, Nasdem dan Hanura. Hari kedua, pasangan bakal calon JR Saragih-Ance Selian, dengan 20 kursi dari partai Demokrat, PKB dan PKPI. Sementara hari ketiga Paslon Djarot-Sihar Sitorus dengan 20 kursi dari partai PDIP dan PPP,” ujar Mulia Banurea.

Menurut Mulia, ketika menerima pendaftaran pasangan bakak calon JR Saragih-Ance hari kedua memang ada kekuran lengkapan dokomen namun bakal calon yang bersangkutan telah melengkapinya.

“Terkait kedatangan PKPI yang ingin mendaftarkan pasangan calon lain yang berbeda dengan dari yang didaftarkannya semula, KPU Sumut menolaknya, hal tersebut mengacu pada UU No. 10/2016 tentang Pilkada dan PKPU No. 3/2017 pasal 6 tentang pencalonan pasangan calon,” pungksnya.(wol/data1)

Check Also

Drumband Antar Bacaleg Demokrat ke KPU

MEDAN, Waspada.co.id – Setelah PKS dan PDIP, giliran DPD Partai Demokrat Sumatera Utara mendatangi Kantor ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: