Breaking News
Home / Pilkada / KPU: Calon Petahana Wajib Cuti Saat Kampanye
Istimewa
Istimewa

KPU: Calon Petahana Wajib Cuti Saat Kampanye

MEDAN, WOL – Calon petahana yang mengikuti pemilihan kepala daerah harus mengajukan cuti ketika memasuki masa kampanye. Namun izin cuti tersebut harus disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum.

“Tidak harus mundur dari jabatan. Hanya kalau sudah masuk kampanye, dia harus cuti,” kata anggota KPU Sumut Benget Silitonga,, hari ini.

Lanjut Benget, KPU tidak memiliki kewenangan untuk mengusulkan penjabat kepala daerah yang telah berakhir masa jabatannya mengikuti Pilkada. Namun KPU Sumut hanya mencatat sejumlah kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya menjelang pelaksanaan pilkada secara serentak di 23 kabupaten/kota di Sumut.

“Pengusulan penjabat daerah itu hak pemerintah secara berjenjang. Kami hanya mencatat kepala daerah yang habis masa jabatannya saja,” tuturnya.

Ia mencontohkan proses pengusulan penjabat bupati dan wali kota yang merupakan wewenang gubernur untuk menyampaikannya ke Kementerian Dalam Negeri. Menurut dia, bupati dan wali kota yang belum berkahir masa jabatannya tetap memegang jabatan tersebut meski telah ditetapkan sebagai calon peserta pilkada.

Menurut catatan, ada 23 kabupaten/kota di Sumut yang akan menyelenggarakan pilkada secara serentak pada 9 Desember mendatang. Dari jumlah itu, kepala daerah di 10 kabupaten/kota akan berakhir masa jabatannya pada Juli dan Agustus 2015 yakni Kota Medan (26 Juli), Binjai (13 Agustus), dan Sibolga (26 Agustus). Kemudian, Kabupaten Serdang Bedagai (8 Agustus), Tapanuli Selatan (12 Agustus), Toba Samosir (12 Agustus), Asahan (13 Agustus), Labuhan Batu (19 Agustus), Pakpak Bharat (26 Agustus), dan Humbang Hasundutan (28 Agustus).(wol/cza)

Check Also

foto: billboard

Ed Sheeran Sampaikan Maaf pada Fans Indonesia

JAKARTA, WOL – Gagal berkunjung dan konser di Indonesia, Ed Sheeran rupanya tidak diam saja. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.