Home / Pemilu / TKN Jokowi-Ma’ruf Siapkan Sistem untuk Verifikasi Penyumbang Dana Kampanye
Foto: Okezone

TKN Jokowi-Ma’ruf Siapkan Sistem untuk Verifikasi Penyumbang Dana Kampanye

agregasi

 

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin mengumumkan rekening kampanye untuk menghimpun dana di Pemilihan Presiden 2019. Meski siapa saja bisa menyumbang, TKN Jokowi-Ma’ruf tetap akan menyaring melalui sistem yang dibuat. Hal ini untuk mengantisipasi dana yang bermasalah masuk ke rekening atas nama TKN Joko Widodo Maruf Amin.

“Nanti akan dimunculkan platform, secara sistem, otomatis proses penyaringan dan sortir itu akan terjadi. Jadi sudah disiapkan sistem yang langsung bisa melakukan verifikasi,” kata Wakil Bendahara TKN Jokowi-Ma’ruf, Rerie Lestari Moerdijat, di Media Center Jokowi-Ma’ruf di Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018).

Menurut Rerrie proses verifikasi tetap dilakukan bagi para donatur yang telah mengirimkan dananya.

maruf

“Nanti diverifikasi siapa pengirimnya. Kalau pengirimnya tak dikenal atau sumbernya mencurigakan otomatis nanti kami kembalikan,” kata Rerrie.

Belajar dari pengalaman saat Pilpres 2014 dimana ia menjadi Bendahara Tim Kampanye Jokowi-Jusuf Kalla, ia pernah mengembalikan total uang sebesar Rp6 miliar ke kas negara lantaran tidak jelas sumbernya. Hal tersebut juga akan dilakukannya pada TKN Jokowi-Ma’ruf dengan menyaring dan memverifikasi pengirimnya.

“Total Rp6 miliar dikembalikan ke kas negara. Kan enggak boleh (dikembalikan ke pengirimnya). Harus dikembalikan ke kas negara sesuai aturannya,” pungkasnya.

Check Also

JK Sebut Indonesia Lebih Damai Dibanding Negara Mayoritas Islam Lainnya

  BANDUNG – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia termasuk negara dengan penduduk Islam terbesar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: