Home / Pemilu / TKN Jokowi-Ma’ruf Sayangkan Pernyataan Amien Rais Bakal Jewer Ketum PP Muhammadiyah
foto: kompas

TKN Jokowi-Ma’ruf Sayangkan Pernyataan Amien Rais Bakal Jewer Ketum PP Muhammadiyah

agregasi

 

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyayangkan pernyataan Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Amien Rais yang mengatakan akan menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir jika lembaganya tak bersikap dalam Pemilihan Presiden 2019.

Pernyataan seperti itu, menurut Wakil Ketua TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding merendahkan kehormatan dan reputasi Haedar Nashir, meskipun memang Haedar Nashir dapat dikatakan junior dari Amien Rais.

“Itu sesuatu yang satu menganggap bahwa Pak Haedar itu seperti anak buahnya, seperti anak kecil. Padahal beliau adalah tokoh yang saya kira harus kita jaga marwahnya, yang harus kita jaga kehormatan dan reputasinya,” ujar Karding saat dihubungi, Rabu (21/11/2018).

Karding

Karding melihat pernyataan Amien tersebut malah merugikan Amien karena dapat dianggap sebagai orang yang memiliki sikap yang otoriter. Hal ini karena ia dianggap memaksa Muhammadiyah sebagai sebuah lembaga untuk bersikap pada Pilpres 2019.

Padahal, Muhammadiyah secara kelembagaan telah bersikap untuk tak mendukung salah satu paslon di Pilpres 2019. Meski begitu, Muhammadiyah membebaskan kader-kadernya untuk memilih siapapun paslonnya.

“Oleh karena itu langkah yang dilakukan Pak Amien saya kira merugikan Pak Amien sebagai tokoh seakan-akan memaksakan kehendak, memiliki sikap yang otoriter,” jelasnya.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan sudah seharusnya semua pihak menerima dan mendukung apapun keputusan politik yang diambil sebuah organisasi seperti Muhammadiyah pada Pilpres 2019.

“Jadi, saya melihat bahwa kenegarawan Pak Amien mulai dipertanyakan,” tegasnya.

Sebelumnya, Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Amien Rais mengatakan akan menjewer ketua umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir jika lembaganya tak bersikap dalam pemilihan presiden 2019.

“Di tahun politik, tidak boleh seorang Haedar Nashir memilih menyerahkan ke kader untuk menentukan sikapnya di Pilpres. Kalau sampai seperti itu akan saya jewer,” kata Amien di sela Tabligh Akbar dan Resepsi Milad ke-106 Masehi Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Selasa, 20 November 2018.

Amien Rais

Menurut dia, bukan merupakan fatwa jika pimpinan menyerahkan sendiri-sendiri ke kader terhadap siapa suaranya akan diberikan sehingga dibutuhkan ketegasan demi terwujudnya pemimpin yang sesuai harapan.

PP Muhammadiyah, menurut Amien, tak boleh diam saja atau tidak jelas sikapnya dalam menentukan pemimpin bangsa ini untuk periode 2019-2024.

“Sekali lagi, kalau sampai itu dilakukan maka saya jewer. Pemilihan presiden ini menentukan satu kursi dan jangan sampai bilang terserah,” kata Ketua MPR RI periode 1999-2004 tersebut.

Check Also

Bantah Masuk Rumah Sakit, Ma’ruf Amin: Kaki Saya Hanya Terkilir

JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin membantah kabar yang menyebutkan dirinya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: