Home / Pemilu / Tim Prabowo Ungkap Kisi-kisi Debat Perdana Capres
Istimewa

Tim Prabowo Ungkap Kisi-kisi Debat Perdana Capres

JAKARTA, Waspada.co.id – Anggota Direktorat Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Habiburokhman mengungkap salah satu kisi-kisi pertanyaan yang akan disampaikan dalam debat perdana Pilpres 2019.

Salah satu pertanyaannya, kata dia, adalah terkait pencegahan dan penindakan dalam konteks pemberantasan korupsi. Hal itu dia sampaikan saat dalam diskusi IKADIN dengan tema “Membedah Program Hukum, HAM dan Antikorupsi, Capres 2019-2024, di Jakarta, Minggu (13/1).

“Dalam konteks pemberantasan korupsi ini kita kadang disuruh memilih apakah penindakan atau pencegahan yang diprioritaskan. Saya dengar bocorannya, dari pertanyaan yang sudah ada itu, kisi-kisi. Jadi apakah penindakan atau pencegahan,” kata Habiburokhman.

Menurut dia, Prabowo-Sandi nantinya akan menguatkan kedua aspek baik pencegahan dan penindakan dalam pemberantasan korupsi. Sebab, kedua aspek pemberantasan korupsi itu harus berjalan beriringan.

“Penindakan bagi kami ya itu pencegahan sendiri juga. Tapi kalau pencegahan bagi kami bukan hanya domain KPK, kayak reformasi birokrasi dan sebagainya. Itu lah bagian integral dari pencegahan,” kata dia.

Selain itu, Habiburokhman menegaskan Prabowo secara tegas menolak segala bentuk pelemahan KPK. Karena, kata dia, selama ini sudah ada indikasi pelemahan melalui intervensi kekuasaan.

Intervensi kekuasaan ini, klaim dia, sudah menjadi keluhan di masyarakat karena terjadi seolah tebang pilih pemberantasan korupsi. Prabowo-Sandi, lanjutnya, berjanji tidak akan melakukan itu jika terpilih nanti.

“Bagi kami memperkuat KPK itu harus digandeng dengan menjamin tidak ada intervensi kekuasaan eksekutif kepada KPK. Itu dua hal yang harus digandeng dalam masa pemerintahan Pak Prabowo-Sandi nanti,” kata Habiburokhman.

“Jadi tidak bisa kita ngomong memperkuat KPK lalu wah ada yg tokoh kritis tau-tau besok dipanggil di KPK. Ini yang ingin kita lakukan,” ujarnya.

Direktur Hukum Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ade Irvan Pulungan membantah jika ada intervensi penegakan hukum selama era pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla. “Pak Jokowi tidak melakukan intervensi dalam penegakan hukum apalagi di bidang pemberantasan korupsi,” kata Ade di tempat yang sama.

Debat perdana akan berlangsung pada Kamis (17/1) dan akan dimoderatori oleh Ira Koesno dan Imam Priyono. Debat ini bakal berisi enam segmen untuk membahas tema ‘Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme’. Segmen pertama diawali dengan pemaparan visi dan misi berdurasi 23 menit 15 detik.

Itu kemudian dilanjutkan dengan dua segmen pendalaman visi misi masing-masing berdurasi 15 menit 30 detik. Pada segmen ini kandidat akan menghadapi soal yang diajukan panelis.

Setelah dua segmen saling bertanya, debat bakal ditutup di segmen enam. Segmen berdurasi 13 menit ini akan berisi kalimat penutup dari masing-masing kandidat. (cnnindonesia/ags/data1)

Check Also

Demokrat Berpedoman Dari Hasil Penghitungan Resmi KPU

JAKARTA, Waspada.co.id – Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memastikan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: