Home / Pemilu / Survei LSI: PDIP, Gerindra, Golkar Jadi Peringkat Teratas
foto: okezone

Survei LSI: PDIP, Gerindra, Golkar Jadi Peringkat Teratas

agregasi

 

JAKARTA, Waspada.co.id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi memenangkan kontestasi Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2019. Partai Gerindra dan Golkar menyusul sesuai hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA terhadap tingkat keterpilihan partai.

Berdasarkan hasil survei dilakukan LSI Denny JA di 10 provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Lampung dan Sulawesi Selatan pada 4–10 Oktober lalu, PDIP unggul di lima provinsi.

“PDIP menang di Jawa Tengah, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Lampung, Sumatera Selatan,” kata peneliti dari LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, di Jakarta Timur, Jumat (2/11).

Di posisi kedua yang ditempati oleh Partai Gerindra. parpol besutan Prabowo Subianto itu memenangi tiga daerah dari 10 provinsi, di antaranya adalah Jawa Barat, Banten, dan Riau. Alhasil, Gerindra pun berpotensi menjadi peraih suara terbanyak kedua di Pileg 2019.

Selanjutnya, Golkar menjadi pemenang di daerah yang terbilang kandang partai yang berlambang pohon beringin, yaitu Sulawesi Selatan. Sebenarnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bersaing dengan Golkar masuk menjadi tiga besar parpol.

“Akan tetapi, PKB hanya unggul tipis dari PDIP di Jawa Timur. Di provinsi lain mereka tidak masuk dalam tiga besar,” pungkasnya.

Survei sendiri dilakukan pada 4–10 Oktober lalu melalui face to face dan wawancara menggunakan kuesioner. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan 6000 responden dan margin of error sekira 4,1 persen. LSI Denny JA melengkapi survei dengan penelitian kualitatif dengan metode analisis media, FGD, dan wawancara mendalam.(wol/aa/okz/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Sandiaga Angkat Bicara Soal PKS Ancam Mogok Kampanye Pilpres

JAKARTA, Waspada.co.id – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, meyakini polemik penetapan calon ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: