Home / Pemilu / Survei IPI Jokowi-Prabowo Selisih 20% , BPN: Hitungan Kami Cuma 11%
Pasangan capres-cawapres Jokowi-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno saat mengambil nomor urut di KPU, Jakarta. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

Survei IPI Jokowi-Prabowo Selisih 20% , BPN: Hitungan Kami Cuma 11%

agregasi

 

JAKARTA – Dari hasil survei yang dirilis Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia (IPI) elektabilitas capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mendapatkan dukungan sebesar 54,9 persen, sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat dukungan sebanyak 34,8 persen. Selisih kedua kandidat itu sekira 20 persen.

Survei itu dilakukan pada 16-26 Desember 2019 dengan melibatkan 1.220 responden. Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Margin of error sebesar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Waktu wawancara di lapangan dilaksanakan pada 16-26 Desember 2019.

Menurut Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN), Mardani Ali Sera, hasil itu berbeda dengan survei yang dilakukan internal BPN. Ia mengakui, bila Jokowi-Ma’ruf masih unggul, tetapi hanya selisih 11 persen.

“Hasil survei di internal kami BPN, 11 persen. Trennya selama beberapa bulan terakhir semakin mendekat, dari sebelumnya 14 persen ke 11 persen,” ucap Mardani di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).

Ia berharap, paslon nomor urut nomor urut 02 itu memanfaatkan sisa masa kampanye yang tersisa waktu tiga bulan. Melihat sisa waktu itu, dirinya meyakini mereka dapat mengalahkan Jokowi-Ma’ruf di pesta demokrasi lima tahunan itu.

Strateginya, kata dia, penggaetan pemilih akan dilakukan dalam kegiatan debat capres-cawapres yang akan dimulai pada 17 Januari mendatang.

“Kami pastikan bisa reach out (swing voters) sebanyak mungkin di dalam debat. Nanti biarkan masyarakat dan pemilih yang memutuskan dan menilai. Yang penting, Prabowo-Sandi do the best,” pungkasnya.

Check Also

Sesuai Aturan Pilpres, Peraih Suara Terbanyak Adalah Pemenangnya

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Eksekutif Lembaga Analisa Konstitusi dan Negara Tohadi mengatakan Pemilihan Presiden atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: