_
Home / Pemilu / Survei Charta Politika: Elektabilitas PDIP, Gerindra dan Golkar Masih Teratas
(Foto: Harits Tryan/Okezone)

Survei Charta Politika: Elektabilitas PDIP, Gerindra dan Golkar Masih Teratas

agregasi

 

JAKARTA – Pemilu Serentak 2019 tinggal 12 hari lagi, tepatnya pada 17 April 2019. Lalu bagaimana elektabilitas partai politik menjelang hari pencobolosan?

Direktur Charta Politika, Muslimin mengatakan, berdasarkan hasil survei pihaknya, jelang hari pencoblosan, PDI Perjuangan (PDIP) masih teratas dalam hal elektabilitas.

“PDIP masih tertinggi dipilih masyarakat dengan mempunyai elektabilitas 25,3 persen,” kata Muslimin dalam rilis survei bertema “Pileg 2019: Pemilu yang terlupakan?” di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2019).

Selanjutnya, Partai Gerindra menyusul pada posisi berikutnya dengan elektabilitas 16,2 persen. Partai lain berturut-turut di bawahnya adalah Golkar 11,3 persen, PKB 8,5 persen, Demokrat 5,2 persen, Nasdem 5,2 persen dan PKS 5,0 persen.

“3 papan atas masih dipimpin oleh PDIP, Gerindra dan Golkar. Sementara 4 partai memperebutkan posisi 4 dan 5,” ujar Muslimin.

Untuk kelompok parpol papan tengah diisi PAN dengan dengan 3,3 persen, PPP 2,4 persen, serta Perindo dan PSI dengan 2,0 persen. Ia pun memprediksi keempat partai ini masih mempunyai kesempatan untuk lolos ambang batas alias presidential threshold (PT).

“PAN, PPP, PSI dan Perindo punya kesempatan lolos. Karena margin of error kita berada di 2,19 persen. Jadi masih ada kesempatan partai ini punya peluang lolos PT,” kata dia.

Sementara itu terdapat beberapa partai politik yang mempunyai elektabilitas di bawah 2,0 Persen, seperti Hanura 1,0 persen, PKPI 0,2 persen, Partai Garuda 0,2 persen, dann Partai Berkarya 0,1 persen.

Meski demikian, sambung Muslimin, masih terdapat 11,7 persen masyarakat yang belum menjawab partai politik mana yang akan dipilih pada 17 April mendatang.

Adapun, survei ini dilakukan pada 19-25 Maret 2019 dengan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur.

Jumlah sampel sebanyak 2.000 responden, yang tersebar di 34 Provinsi. Survei ini menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (2,19%) pada tingkat kepercayaan 95%.

Check Also

Ketua Panitia Kemah Pemuda Resmi Tersangka

JAKARTA, Waspada.co.id – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan Penyidik ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.