Home / Pemilu / Sosok Tuan Syekh Silau Laut Jadi Inspirasi Djarot Membangun Sumut
WOL Photo/Ist

Sosok Tuan Syekh Silau Laut Jadi Inspirasi Djarot Membangun Sumut

ASAHAN, WOL – Calon Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu) Djarot Saiful Hidayat memanjatkan saat menziarahi makam Tuan Syekh Silau Laut di kompleks Tuan Syekh Silau Laut di Desa Silo Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, Rabu (4/4) pagi.

Saat berziarah, H Djarot Saiful Hidayat ditemani H Ibrahim Ali yang merupakan anak dari Tuan Syekh H Muhammad Ali Silau Laut, cucu dari Tuan Syekh Silau Laut, Syekh H Abdul Rahman Silau Laut. Syekh Silau Laut ini diketahui wafat 28 Februari 1941.

Djarot Saiful Hidayat merasa bersyukur telah berziarah ke makam Syekh Silau Laut. Sebagaimana diketahui bahwa Syekh Silau Laut ini bukan hanya menyiarkan agama Islam tapi juga ikut berjuang melawan penjajahan Belanda di abad ke-19. Semasa hidupnya, Syekh Silau Laut juga memiliki peran penting dalam membangun Kabupaten Asahan.

Djarot juga mengapresiasi keluarga besar H Ibrahim Ali dalam merawat rumah besar peninggalan Syekh Silau Laut. Dimana rumah Syekh Silau Laut ini merupakan prototipe rumah-rumah di Kabupaten Asahan. Dan di rumah itu juga sebagai tempat pengajian-pengajian syiar Islam. Kemudian di halaman rumah yang luas sebagai tempat latihan silat.

Djarot mengatakan, sosok Syekh Silau Laut menjadi inspirasi baginya dalam membangun Sumatera Utara. “Sebagai generasi muda kita patut bersyukur dan akan menjadikan sosok Syekh Silau Laut sebagai inspirasi melanjutkan pembangunan di Sumatera Utara,” ucap Djarot.

Pada kesempatan itu, Djarot akan berupaya melestarikan Komplek Tuan Syekh Silau Laut, Desa Silo Lama, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan, dengan menjadikannya sebagai cagar budaya. Sehingga perawatan dan pemeliharaan seluruh peninggalan Syekh Silau Laut menjadi tanggung jawab pemerintah. Dan dapat menjamin kelestariannya. Kemudian bagi generasi muda yang ingin melihat dan mengetahui bagaimana syiar Islam dan perjuangan Syekh Silau Laut di Kabupaten Asahan.

Diketahui bahwa Ustad Abdul Somad adalah cicit dari Syekh Silau Laut. Ustad Abdul Somad tiap tahunnya selalu menyempatkan waktu datang dan ziarah ke komplek makam ini. (wol/djs/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

DPRD Apresiasi Kapolrestabes Medan Aman

MEDAN, Waspada.co.id – Anggota DPRD Medan, Landen Marbun, mengapresiasi kinerja Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dadang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: