_
Home / Pemilu / Soal 17,5 Juta DPT Invalid, Saksi Prabowo Serba Tidak Tahu
Yusril Ihza Mahendra di sidang sengketa Pilpres 2019 (Foto: Okezone)

Soal 17,5 Juta DPT Invalid, Saksi Prabowo Serba Tidak Tahu

JAKARTA – Tim hukum Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno menghadirkan Agus Maksum sebagai saksi dalam sidang sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Dalam kesaksiannya, Agus menekankan mengenai adanya temuan DPT 17,5 juta invalid.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Tim Hukum Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra menilai pemaparan saksi mengenai DPT 17,5 juta itu tidak memiliki korelasi atau hubungan apapun dengan objek materil gugatan permohonan.

“Tadi dia mengatakan 17 juta pemiliknya tidak jelas, apakah 17 juta itu memiliki hak pilihnya atau tidak ternyata dia itu tidak tahu. Jadi, yang paling penting dalam persidangan ini adalah kalau terjadi manipulasi, itu harus dilihat korelasinya dengan kemenangan Pak Jokowi dan kekalahan Pak Prabowo,” kata Yusril di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2019).

Selain itu, Yusril menilai, keterangan mantan Direktur IT BPN itu tidak menerangkan apa-apa sebenarnya. Pasalnya, keterangan Agus Maksum terkesan campur aduk antara saksi dengan ahli.

“Kalau tidak ada kaitannya, 17 juta itu dari Dukcapil, dan pemilihan sebanyak itu 17 juta itu memilih atau tidak, dia tidak tahu, seharusnya berapa dari 17 juta itu yang memilih Jokowi dan berapa yang memilih Prabowo, dia juga tidak tahu, jadi tak ada gunanya juga,” kata Yusril.

Yusril menegaskan, apabila memang saksi ingin menggiring soal kecurangan yang terjadi di Pilpres, seharusnya mampu menjelaskan secara subtansi apakah versi DPT invalid itu memang menyebabkan kekalahan oleh salah satu pasangan calon.

“Padahal, kalau terjadi kecurangan harus dijelaskan kenapa penyebab Prabowo menang dan apa yang menyebabkan Prabowo kalah, ini tidak jelas diuraikan,” ujar Yusril.

Check Also

JAKARTA – Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, meminta partainya untuk tetap berada di luar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: