_
Home / Pemilu / Rekapitulasi Suara di Jeddah, Prabowo-Sandi Kuasai 70,2 Persen Suara
Ilustrasi surat suara Pemilu 2019. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)

Rekapitulasi Suara di Jeddah, Prabowo-Sandi Kuasai 70,2 Persen Suara

JAKARTA, Waspada.co.id – Pelaksanaan penghitungan suara di wilayah kerja Panitia Pemihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah yang meliputi wilayah barat Kerajaan Arab Saudi telah terlaksana Rabu (17/4) hingga Kamis (18/4) pukul 23.45. PPLN Jeddah mengorganisasi 6 TPS Luar Negeri (TPSLN) dan 18 Kotak Suara Keliling (KSK).

Proses penghitungan dilaksanakan di Gedung Pelayanan Terpadu KJRI Jeddah. Adapun proses rekapitulasi dilakukan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) serta disaksikan oleh para saksi Panitia Pengawas Pemilu.

Para saksi meliputi Tim Kampanye Nasional Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, serta saksi-saksi partai politik peserta Pemilu 2019, yaitu PDIP, Gerindra, PKB dan PKS.

Berdasarkan data dari PPLN Jeddah yang diterima Liputan6.com pada Minggu (21/4), rekapitulasi penghitungan suara (TPSLN dan KSK) untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi – Ma’ruf Amin memperoleh 3.821 suara atau 28,34 persen. Sementara rivalnya, pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo – Sandiaga memperoleh 9.471 suara atau 70,24 persen.

Total surat suara yang digunakan pada Pilpres RI di Jeddah adalah 13.484, dengan surat suara sah berjumlah 13.292. Sementara surat suara tidak sah berjumlah 192 atau 1,42 persen.

Sementara itu, rangkuman rekapitulasi penghitungan suara (TPSLN dan KSK) untuk pemilihan anggota DPR RI, lima besar partai dengan perolehan suara terbanyak adalah Gerindra (3.683 suara), PKS (3.634 suara) dan PDIP (1.705 suara). Di urutan keempat dan kelima adalah PKB (960 suara) dan PAN (561 suara).

Total surat suara yang digunakan pada Pemilihan Anggota DPR-RI adalah 13.467 suara, dengan suara sah berjumlah 12.485 suara dan suara tidak sah berjumlah 982 suara.

Dalam keterangan resmi, PPLN Jeddah menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan proses pengunggahan (upload) lembar C1.LN melalui aplikasi resmi Situng KPU.

PPLN Jeddah mengimbau Panwaslu Jeddah, seluruh partai peserta Pemilu 2019 dan masyarakat Indonesia di wilayah Arab Saudi untuk bersama-sama mengawasi dan memantau proses dimaksud pada situs kpu.go.id. (merdeka/ags/data1)

Check Also

Menhan Diminta Jadi Penjamin Kivlan Zen

JAKARTA, Waspada.co.id – Kuasa Hukum tersangka kasus dugaan makar dan kepemilikan senjata api ilegal, Kivlan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.