_
Home / Pemilu / Rekapitulasi Sementara Versi PDIP: Jokowi-Ma’ruf 63%, Prabowo-Sandi 37%
(Foto: Fakhrizal F/Okezone)

Rekapitulasi Sementara Versi PDIP: Jokowi-Ma’ruf 63%, Prabowo-Sandi 37%

agregasi

 

JAKARTA – PDI Perjuangan (PDIP) merilis hasil rekapitulasi sementara. Data didapat dari saksi partai di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia. Hasilnya, pasangan paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf sementara unggul.

Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BPSN) PDIP Arief Wibowo mengatakan, perhitungan ini berdasarkan data C1. Hasilnya, Jokowi-Ma’ruf mendapat 63 persen suara. “Sementara itu Prabowo-Sandi hanya 37 persen,” kata Arief di Kantor DPP, Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Ia memaparkan, hasil tersebut merupakan data terakhir yang dihitung hingga Pukul 14.10 WIB, Jumat (19/4/2019). Menurut Arief, data tersebut diambil di 58.656 TPS dari 813.350 TPS yang ada, jumlah suara masuk mencapai 10.691.760.

“Kita berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU nomor 9 tahun 2019 tentang Pemilihan dan Rekapitulasi, yang prinsipnya adalah di dalam proses elektoral kita untuk menghitung hasil pemilu per TPS yang tersebar dalam 810.346 TPS yang ada di Indonesia itu basisnya lembar C1,” ujar dia.

Arief menegaskan, lembar C1 itu menjadi dasar penghitungan rekapitulasi suara yang dilakukan tim internal PDIP. Sehingga, penghitungan akan dilakukan sampai 22 Mei 2019.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, hasil rekapitulasi yang dilakukan partainya bisa diaudit oleh lembaga independen. Bahkan, ia menantang kubu Prabowo-Sandi untuk membandingkan data mereka secara ilmiah.

“Kami juga siap untuk dicek sistemnya oleh IT data-data yang masuk dokumen C1-nya bisa aja dicek secara random,” kata Hasto.

Hasto memastikan bahwa pihaknya juga siap diberi sanksi bila hasil rekapitulasi perhitungan sementara PDIP salah secara prosedur.

“Itu kan suatu hal yang sebenarnya bisa dilakukan sehingga tidak sembarangan orang bisa main klaim,” ujarnya.

Check Also

Pidato Visi Indonesia Jokowi Dinilai Jaga Pancasila dari Ancaman Radikalisme

  JAKARTA – Dalam pidatonya di acara Visi Indonesia, Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: