Home / Pemilu / Rangkul NU dan Muhammadiyah, Jokowi-Ma’ruf Disarankan Bagi Tugas
Jokowi-Ma'ruf Amin (Arif/Okezone)

Rangkul NU dan Muhammadiyah, Jokowi-Ma’ruf Disarankan Bagi Tugas

YOGYAKARTA, Waspada.co.id – Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo disarankan merangkul dua ormas Islam Nadhatul Ulama dan Muhammadiyah. Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Abdul Munir Mulkhan menilai dua ormas besar itu arus utama Islam di Indonesia.

Sehingga, menurutnya, dukungan NU dan Muhammadiyah bisa mempermudah pemerintah dalam menjalankan program-programnya. “Saat dua ormas ini bersama dalam kapal pemerintah, maka program pemerintah akan mudah dilaksanakan,” kata Munir dalam siaran persnya, Selasa (1/1).

Munir menyarankan, Jokowi terus menjalin komunikasi dengan kedua ormas itu jelang Pilpres 2019. Meskipun, menurutnya ada hasil survei Denny JA pada 12 Agustus-19 Agustus 2018 menunjukkan Jokowi mendapat dukungan dari Muhammadiyah dan NU.

“Pemilih yang mengaku berafiliasi kepada Muhammadiyah dan NU mendukung Jokowi untuk dua periode” jelas Munir.

Menurutnya, Jokowi mendapatkan kemudahan untuk merangkul dua ormas itu dengan keberadaan Ma’ruf Amin, cawapres pendampingnya. Ma’ruf bisa fokus merapatkan barisan NU, sementara Jokowi bisa membangun komunikasi ke Muhammadiyah.

“Kiai Ma’ruf Amin dapat berbagi peran mengembangkan dan menyolidkan hubungan dengan NU. Sedangkan Jokowi terus membangun kerjasama yang baik dengan Muhammadiyah,” ucapnya. (merdeka/ags/data2)

Check Also

Pendukung Capres Harus Kampanye Door to Door

JAKARTA, Waspada.co.id – Jenggala Center berkomitmen untuk mengantarkan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin memenangkan Pilpres 2019. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: