_
Home / Pemilu / Pilih Jadi Oposisi, PKS: Kami Mau Menyelamatkan Marwah Demokrasi
Ilustrasi

Pilih Jadi Oposisi, PKS: Kami Mau Menyelamatkan Marwah Demokrasi

agregasi

 

JAKARTA – Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) menegaskan pihaknya akan berada di luar pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Menurutnya, langkah oposisi diambil guna menyelamatkan demokrasi.

“Kami berada sebagai oposisi, apapun namanya dan kami sampaikan bahwa berada di luar kabinet, berada menjadi oposisi, tidak semuanya masuk dalam koalisi, itu juga justru menyelamatkan demokrasi,” kata HNW di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Wakil Ketua MPR itu menyatakan, jika semua parpol berada di pemerintahan, maka tak ada lagi checks and balances terhadap jalannya pemerintahan. “Kami menyediakan diri untuk menjadi yang meningkatkan dan menyelamatkan marwah demokrasi dengan berada di oposisi itu,” ujarnya.

HNW memastikan PKS menghormati hasil Pilpres 2019. Menurut dia, langkah oposisi PKS justru akan meningkatkan kualitas demokrasi bangsa Indonesia.

“Karenanya jangan sampai kemudian kalau bertemu artinya PKS minta untuk koalisi, ya enggak lah. PKS minta menteri, apalagi. Kami selalu menyampaikan kursi menteri selalu dibagi kepada partai pendukung Pak Jokowi saja masih kurang, apalagi masing-masing sudah mengajukan banyak calon. Silakan berikan itu kepada pendukung Pak Jokowi,” ujarnya.

HNW menyatakan bahwa PKS tak masalah berada sendirian di barisan oposisi. Ia pun menyinggung sikap oposisi PKS sudah berlangsung sejak 2014 lalu.

“Seluruh anggota DPR itu mempunyai hak untuk melakukan kontrol, karena hak dan kewajiban anggota DPR melakukan kontrol terhadap kinerja pemerintah. Jadi dalam sistem presidensial semacam ini seharusnya seluruh anggota DPR itu melakukan kontrol. Kalau program pemerintahnya tidak bagus, bermasalah, Anda lihat rapat-rapat di komisi semuanya begitu kritis terhadap program pemerintah. Jadi kami tidak takut sendirian,” ucapnya mengaskan.

适适

Check Also

Apa Tugas Wakil Panglima TNI?

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo telah menambahkan posisi wakil panglima TNI dalam susunan organisasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.