Home / Pemilu / PHP Pilkada Medan: Rampo Persoalkan Partisipasi 25%
Ilustrasi (WOL Photo)

PHP Pilkada Medan: Rampo Persoalkan Partisipasi 25%

JAKARTA, WOL – Pasangan calon nomor Urut 2 Pilkada Kota Medan Sumatera Utara Ramadhan Pohan-Eddie Kusuma, melalui Kuasa Hukum Pemohon, Andi Asrun mempersoalkan  minimnya partisipasi pemilih Pilkada Medan yang hanya 25%.

Dalil tersebut diajukan pemohon pada persidangan PHP Kada Kota Medan dengan nomor perkara 48/PHP.KOT-XIV/2016  di Gedung MK.

Menurut kuasa hukum pemohon, Andi Asrun, bahwa jumlah penduduk Kota Medan kurang lebih 2,9 juta jiwa dan jumlah pemilih tetap dalam DPT sebanyak 1.985.096 jiwa yang berasal dari 21 kecamatan. Namun, Pemohon menuturkan total jumlah suara yang mengikuti pilkada hanya 25 persen dari total DPT.

Menurut pemohon, total rekapitulasi secara keseluruhan untuk paslon nomor urut 1 adalah 349.923 suara, sementara untuk paslon nomor urut 2 adalah 137.596 suara. Sedangkan suara tidak sah adalah 24.349 suara. Dengan kata lain, suara golput mencapai 1.473.228 suara.

“Bahwa dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa total jumlah suara yang mengikuti Pemilu hanya kurang lebih 25% dari jumlah DPT yang sah. Adanya fakta tersebut seharusnya dianggap cacat formal,” urai Asrun kepada Majelis Hakim yang juga terdiri dari Hakim Konstitusi Maria Farida Indrati dan Aswanto.

Menurut Asrun, tingginya persentase golput juga diduga karena terdapat unsur kesengajaan atas kegagalan dari KPU Medan dalam pendistribusian surat suara (C6) sehingga tidak sampai ke TPS-TPS yang sudah disediakan.

“Bahwa atas nama hak asasi manusia sebagai hak dan martabat warga Medan, sewajarnya perolehan suara dari pemenang Pilkada Kota Medan 2015 didiskualifikasi dan wajib dilakukan Pilkada ulang,” demikian petitum Pemohon, seperti dibacakan Asrun.(hls/data1)

Check Also

Empat Paslon Kepala Daerah Gugat ke Mk, Pilgubsu Aman

MEDAN, Waspada.co.id – Komisioner Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) Iskandar Zulkarnain mengatakan ada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: