_
Home / Pemilu / Peneliti Ragukan Hasil Survei Lembaga Asing soal Elektabilitas Capres

Peneliti Ragukan Hasil Survei Lembaga Asing soal Elektabilitas Capres

JAKARTA – Direktur Eksekutif Indexpolitica, Denny Charter meragukan hasil survei terkait elektabilitas capres yang dirilis oleh lembaga survei asing, Precision Public Policy Polling (PPPP). Ia menilai, lembaga itu memiliki rekam jejak yang tidak kredibel.

“Di Amerika ada lembaga survei yang namanya hampir mirip yakni Public Policy Polling, lembaga ini konsultan Partai Demokrat di Amerika dan membantu Obama dan Hillary. Tapi sepertinya berbeda dengan lembaga PPPP yang barusan merilis survei yang memenangkan Prabowo,” kata Denny dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Dalam survei PPPP, sebanyak 51 persen dari 3.032 responsen memberikan suaranya pada Prabowo-Sandi dan 36 persen memilih Jokowi-Ma’ruf. Sementara sisanya 13 persen responden mengaku masih belum memutuskan pilihan.

Adapun Margin of error untuk ukuran sampel sebanyak 3.032 responden adalah lebih kurang 1,78 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei itu dilakukan pada 22 Maret hingga 4 April 2019.

Debat Capres

Menurut dia, lembaga survei harus bisa menjelaskan metodeloginya dan mempertangungjawabkan datanya secara ilmiah. Kata dia, selama metodenya benar, maka hasilnya akan mendekati kenyataan.

“Dengan tingkat kepercayaan 95% peluang berbeda kecil sekali. Artinya dari 100 kali survei dengan metoda, populasi, dan tujuan yang sama, 95 akan sama dan kemungkinan berbeda atau meleset 5 persen,” ujarnya.

Check Also

Sandiaga Ingin Ada Partai di Luar Pemerintahan

JAKARTA, Waspada.co.id – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menilai perlu ada partai yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.