_
Home / Pemilu / Pelantikan Presiden Dijaga Ketat, Puan Ingin Indonesia Aman di Mata Internasional
Ketua DPR Puan Maharani (Foto: Harits Tryan)

Pelantikan Presiden Dijaga Ketat, Puan Ingin Indonesia Aman di Mata Internasional

JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pengamanan ekstra ketat jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 harus dilakukan. Menurutnya, hal tersebut sebagai tanggung jawab negara untuk menjamin jalannya acara pelantikan secara aman dan tertib.

Puan mengatakan, pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih sangat krusial, untuk itu perlu diantisipasi. Terlebih pengamanan juga sudah menjadi tanggung jawab utama dari institusi intelijen. Namun Puan tidak menjelaskan apakah sudah ada ancaman jelang pelantikan tersebut.

“Ya mungkin saja (ada ancaman pada saat acara pelantikan), karena laporan intelijen kan seperti tadi yang saya sampaikan bersifat rahasia, namun deteksi seperti apa bagaimana antisipasinya tentu saja harus dilakukan pihak keamanan terkait,” kata Puan di Gedung DPR, Selasa (15/10/2019).

Disisi lain, kata Puan, pengamanan ekstra dalam pelantikan itu juga perlu dilakukan mengingat acara itu dihadiri oleh tamu dari berbagai negara. Hal itu akan memberikan pandangan positif terhadap dunia internasional bahwa Indonesia negara aman.

“Bahwa antisipasi keamanan yang ekstra ketat ya memang harus dilakukan, untuk bisa memberikan pandangan positif pada dunia Internasional bahwa Indonesia itu aman, Indonesia itu bisa melantik presiden secara hikmat, secara tertib damai dan nyaman dengan saling menghormati,” tuturnya.

Puan menambahkan, jika intelijen mendapat info tentang adanya ancaman pada saat acara pelantikan, maka wajib dilakukan deteksi dini terhadap kemungkinan tersebut.

“Intelijen itu tugasnya kan untuk mendeteksi, bahwa di lapangan yang namanya intelijen itu ya rahasia, senyap tidak boleh terdeteksi walau ada deteksi ya itu untuk menjadi warning bagi semua pihak terkait untuk bisa melakukan antisipasi atau mitigasi,” tukasnya.

适适

Check Also

Gubsu Kembangkan Taman Edukasi Cakra

DELITUA, Waspada.co.id – Sumatera Utara (Sumut) yang agraris, unggul dengan produksi pertanian melimpah, dan ketahanan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.