_
Home / Pemilu / PDIP Minta Pendukung Prabowo Fokus Gugatan di MK Ketimbang Aksi di Jalanan
Massa aksi 22 Mei di Bawaslu, Rabu (22/5/2019). (Foto : Heru Haryono/Okezone)

PDIP Minta Pendukung Prabowo Fokus Gugatan di MK Ketimbang Aksi di Jalanan

agregasi

 

JAKARTA – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu meminta massa pendukung calon presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto, tidak memilih jalan aksi demonstrasi dalam menanggapi hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2019 yang telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Hal itu, kata Masinton, meskipun protes atau menyampaikan pendapat di muka umum dijamin dan dilindungi konstitusi dan perundang-undangan. Kata Masinton, jika protes terhadap hasil pemilu, ada mekanisme tersendiri yakni dengan menyampaikan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Laporan dan gugatan tentang Pemilu dan hasilnya juga bisa disampaikan ke Bawaslu dan Mahkamah Konstitusi,” kata Masinton kepada Okezone, Rabu (22/5/2019) malam.

Sekadar diketahui, Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto sendiri sudah menyatakan akan menyampaikan gugatan terkait hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2019 lewat jalur konstitusional atau MK.

Oleh karenanya, Masinton meminta massa pendukung Prabowo menunggu dan membuktikan gugatan yang akan dilayangkan capresnya ke MK ketimbang ‎melakukan aksi protes di jalanan.

“Prinsip dalam hukum pembuktian adalah siapa yang menuduh maka dialah yang membuktikan. Terhadap tuduhan kecurangan yang disuarakan oleh pendukung Paslon 02 harus bisa dibuktikan di Bawaslu maupun dalam persidangan MK, serta bersedia mengakui hasil putusan MK,” ucapnya.

“Kalau protes kecurangan tanpa bisa membuktikan, itu sama artinya dengan mengingkari suara rakyat dan anti demokrasi,” tutur Masinton.

Check Also

Jokowi Beri Arahan di Rakernas IV PDIP

  JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV Partai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: