_
Home / Pemilu / Parpol Paling Tidak Dipercaya Masyarakat karena Politik Uang
Foto Ilustrasi Okezone

Parpol Paling Tidak Dipercaya Masyarakat karena Politik Uang

 

JAKARTA, Waspada.co.id – Hasil penelitian Lembaga Survei Indonesia (LSI) menempatkan partai politik menjadi lembaga yang meraih tingkat kepercayaan oleh publik.

Merespon hal itu, Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago menilai faktor politik uang yang masih marak menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat tak percaya dengan partai politik.

“Sikap pragmatisme masyarakat yang menempatkan politik uang pada tiap kontestasi politik di pileg dan pilkada, sehingga wakil rakyat dan pamong rakyat terpilih tidak memiliki akuntabilitas, bahkan rendah kapasitas dan kapabilitas,” kata Irma, Jumat (30/8).

Faktor lainnya, tingginya parlementary threshold atau ambang batas parlemen mengakibatkan beberapa parpol mau tidak mau harus mengambil jalan pintas atau cara kotor untuk meraup suara. Karena itu, Irma ingin semua parpol mengesampingkan kepentingan masing-masing agar menimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap parpol-parpol yang ada.

“Kita akan kesulitan mendapatkan kualitas parpol yang bertanggung jawab dan akuntabel jika masyarakat masih bersikap pragmatis,” tutur Irma.

Diketahui, Lembaga Survei Indonesia (LSI) memaparkan temuan survei nasional periode 2016-2019 tentang efek kinerja pemberantasan korupsi terhadap dukungan pada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasilnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi institusi paling dipercaya masyarakat.

“KPK berada di urutan teratas sebagai lembaga yang dipercaya publik,” kata Peneliti Senior LSI, Burhanuddin Muhtadi, di Hotel Mercure Jakarta, Kamis (29/8).

KPK meraih tingkat kepercayaan sebesar 84%, dengan rincian 22% sangat percaya dan 62% cukup percaya. Sedangkan lembaga Presiden menempati urutan kedua dengan tingkat kepercayaan 79%. Urutan ketiga ditempati institusi Kepolisian sebesar 79%, lalu disusul Pengadilan 71%, DPR 61%, dan partai politik 53%. (wol/aa/okz/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Sakhyan: Pemindahan Ibu Kota Tepat, Tapi Perlu Pertimbangan Lebih Jauh

MEDAN, Waspada.co.id – Pasca-pengumuman Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan lokasi ibu kota baru di Kabupaten ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.