_
Home / Pemilu / PAN Ancam Batal Berkoalisi Jika PDIP Usung Gibran di Pilkada Solo 2020
Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka Temui Wali Kota Solo FX Rudyatmo di Rumah Dinasnya, Solo, Rabu (18/9/2019). (foto: Okezone/Bramantyo)

PAN Ancam Batal Berkoalisi Jika PDIP Usung Gibran di Pilkada Solo 2020


SOLO – Beragam reaksi partai politik di Kota Solo bermunculan pasca Pertemuan antara Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dengan Wali Kota Solo yang juga Ketua DPC PDIP FX Hadi Rudyatmo.

Berbeda dengan Partai Gerindra yang kehilangan pandangan pasca Pertemuan antara Gibran dengan Rudy (panggilan akrab Walikota Solo), Partai Amanat Nasional (PAN) justru bersikap tegas tak jadi berkoalisi dengan PDIP bila yang diberi rekomendasi oleh DPP PDIP untuk maju di Pilkada nanti bukanlah Ahmad Purnomo dan Teguh Prajosa

“Sikap kami jelas, kami mendukung Ahmad Purnomo dan Teguh Prakosa di Pilkada nanti. Tapi bila bukan keduannya, sekalipun Gibran yang dapat, PAN tak jadi merapat ke PDIP,” ujar Ketua DPD Partai PAN Ahmad Safari pada Okezone, Kamis (19/9/2019).

Menurut Safari (panggilan akrabnya) alasan PAN mendukung sosok Ahmad Purnomo yang saat ini menjabat sebagai Wakil Walikota dan Teguh Prakoso yang kembali terpilih menjadi anggota Dewan karena sosok figur keduannya.

“PAN mencari sosok figur dan sosok ketokohan. Bukan sosok yang lainnya,” terang Safari.

Namun bila nantinya DPP PDIP memberikan rekomendasi diluar dari kedua nama tersebut, maka PAN siap mengusung kedua nama tersebut (Ahmad Purnomo – Teguh Prakoso) untuk maju dari PAN yang akan berkoalisi dengan partai lainnya.

“Bila tak dapat rekomendasi, dan rekomendasi diberikan ke yang lain, PAN siap mengusung Ahmad Purnomo dan Teguh Prakoso. Untuk diusulkan ke koalisi parpol lainnya,” ujar dia.

Check Also

Banyak Elite Parpol Rebutan ‘Tiket’ Maju Pilkada Dari PDIP

JAKARTA, Waspada.co.id – PDIP diperhelatan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Jawa Timur 2020 mendatang benar-benar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.