_
Home / Pemilu / MUI: Masyarakat Butuh Ketenangan, Tak Perlu Demo di MK!
Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundangan MUI, Ikhsan Abdullah (Foto: iNews)

MUI: Masyarakat Butuh Ketenangan, Tak Perlu Demo di MK!

agregasi

 

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau kepada seluruh umat untuk tidak menggelar demonstrasi di gedung Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan putusan sidang sengketa Pilpres 2019.

Persaudaraan Alumni (PA) 212 sebelumnya berencana menggelar acara halal bihalal ketika pelaksanaan pembacaan putusan sidang sengketa Pilpres 2019 pada 27 Juni mendatang.

“Agar publik dapat memahami dan tidak melakukan gerakan-gerakan atau unjuk rasa agar tidak mengganggu mahkamah dalam rangka mengucapkan putusan tersebut,” kata Wakil Ketua Komisi Hukum & Perundangan MUI, Ikhsan Abdullah kepada Okezone, Jakarta, Selasa (25/6/2019).

MUI menjelaskan dengan tidak adanya aksi demonstrasi itu maka kondusivitas dan keamanan dapat terjaga selama proses demokrasi tersebut berlangsung.

“Di sisi lain, masyarakat juga memerlukan ketenangan dan suasana yang kondusif,” ujar Ikhsan.

Sementara itu, MUI juga menyinggung imbauan dari calon Presiden Prabowo Subianto yang meminta kepada seluruh simpatisan dan pendukungnya agar tidak usah turun ke jalan.

“Sebagaimana sikap Pak Prabowo-Sandi dan para pihak yang telah setuju untuk memilih Mahkamah Konstitusi sebagai mahkamah yang memutus sengketa Pilpres sesuai dengan Undang-Undang Dasar 45 Pasal 24C ayat (1)dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2011 tentang Mahkamah Konstitusi dalam Pasal 10 ayat (1),” papar Ikhsan.

Oleh sebab itu, MUI berharap seluruh pihak bisa menghormati segala keputusan dari hakim konstitusi mengenai sengketa Pilpres 2019. “Maka kita sebagai warga negara yang sadar dan taat akan konstitusi seyogyanya mengikuti, demikian pula kita wajib menerima apapun putusan mahkamah,” kata dia.

适适

Check Also

Gerindra Bicara Soal 2024: Politik Dinamis, Sekarang Lawan Nanti Bisa Jadi Kawan

  JAKARTA – Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.