Home / Pemilu / Mengapa Dana Kelurahan Cair Jelang Pilpres 2019?
Ilustrasi

Mengapa Dana Kelurahan Cair Jelang Pilpres 2019?

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo mewacanakan pemerintah akan mencairkan dana kelurahan untuk tahun 2019. Program tersebut pun dipertanyakan lantaran baru muncul ketika masa kampanye Pilpres.

Influencer Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Budiman Sudjatmiko menjelaskan bahwa dana kelurahan ini bagian dari program dana desa. Kenapa baru di 2019, dia menuturkan karena melihat 3 tahun kesuksesan program dana desa. Adapun besaran anggaran yang akan dicairkan sebesar Rp 3 triliun.

“Kebijakan dana kelurahan merupakan bagian dari upaya pemerataan keadilan anggaran yang selama ini telah ditunjukkan melalui kebijakan dana desa semenjak diberlakukannya UU Desa sejak 2015,” ujar politisi PDI Perjuangan itu di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Senin (22/10).

Mekanisme penggunaan dana kelurahan juga akan mengikuti pemberlakuan dana desa. Tujuannya untuk mencapai visi pemerataan pembangunan. Budiman menilai, program dana desa itu telah terbukti berhasil meningkatkan kesejahteraan desa, meningkatkan pelayanan publik, dan memajukan perekonomian desa.

Salah satu yang telah berhasil adalah program Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Badan Usaha Milik Antar Desa (BUMADES) untuk menumbuhkan ekonomi pedesaan.

“Hingga tahun 2018 Bumdes ini telah mencapai sekitar 30 ribu unit, dan jumlah ini akan semakin berkembang dan maju untuk desa desa di Indonesia,” jelas Budiman.

Karena itu, pembangunan desa yang telah berhasil menampilkan pembangunan kelurahan sedikit tertinggal. Budiman mengatakan sangat tepat jika pemerintah mengeluarkan dana kelurahan ini. Salah satunya untuk menjawab tantangan revolusi industri keempat.

“Untuk menghadapi kemajuan teknologi dan revolusi industri 4.0 Indonesia perlu semakin memfasilitasi masyarakat menjadi lebih maju. Melalui pemberian dana Kelurahan, pemerintah menunjukkan inisiatif kinerja progresif yang pada akhirnya mensejahterakan dan menguatkan masyarakat untuk terus maju dan menghadapi tantangan global,” jelas Anggota DPR Komisi VIII ini. (merdeka/ags/data2)

Check Also

Sandiaga Dengar Keluhan Pedagang Ikan di Aceh

BANDA ACEH, Waspada.co.id – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno melanjutkan kampanyenya di Banda Aceh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: