_
Home / Pemilu / Mendagri Serukan Lawan Hoaks & Politik Uang Jelang Pilpres 2019
Mendagri Tjahjo Kumolo

Mendagri Serukan Lawan Hoaks & Politik Uang Jelang Pilpres 2019

JAKARTA – Eskalasi menjelang perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 hingga kini masih berjalan dinamis. Artinya, pesta demokrasi lima tahunan ini dapat berlangsung panas namun bisa juga berjalan normal. Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo.

“Dari masukan diskusi teman-teman Kemendagri yang kita saring selama dalam dua bulan ini dinamis ya,” kata Tjahjo saat menggelar apel bersama jajaran Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), serta taruna IPDN dalam rangka persiapan Pemilu serentak 2019 di Monas, Jakarta, Jumat (15/2/2019).

Meski demikian, Tjahjo meminta kesadaran bagi tim sukses, politisi, hingga simpatisan baik dari kubu pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo-Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk tidak melakukan politik yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami hanya punya acuan Kemendagri dari arahan dari Presiden, yakni adu konsep, adu program adu gagasan itu tujuan utama dalam Pemilu,” tuturnya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menilai, pemilu seharusnya jadi ajang adu program dan gagasan demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Buat apa ada Pilpres dan Pileg tapi malah merusak rasa persatuan dan kesatuan masyarakat warga negara Indonesia,” kata Tjahjo.

Tjahjo Kumolo

Ia pun percaya penuh kepada jajaran aparat negara untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi serantak lima tahunan itu. Menurut dia, unsur TNI-Polri dan BIN akan menegakkan hukum bersinergi dengan Gakumdu Kejaksaan, DKPP, MK dan MA agar pemilu serentak 2019 dapat berlangsung damai dan sukses.

“Tahapan-tahapan yang sudah mulai dalam tahapan terakhir memasuki Pileg dan Pilpres, karena kunci suksesnya Pileg dan Pilpres ini adalah partisipasi, lalu kita lawan yang namanya kampanye ujaran kebencian (dan) kampanye politik uang,” ujarnya.

Check Also

Pekan Depan Pansus Paripurnakan Perda 5/2016 Tentang Pencabutan

MEDAN, Waspada.co.id – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Medan yang dibentuk untuk membahas Rancangan Peraturan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.