_
Home / Pemilu / KPU Belum Siapkan Pengacara Sengketa Pilkada
WOL Photo

KPU Belum Siapkan Pengacara Sengketa Pilkada

MEDAN, WOL – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara mengaku belum menyiapkan tim penasehat hukum untuk menghadapi sengketa Pilkada di 23 kabupaten/kota.

Anggota KPU Sumut Benget Silitonga mengatakan, pihaknya menyerahkan kewenangan untuk menunjuk tim penasehat hukum itu kepada masing-masing komisioner.

Meski demikian, pihaknya mengharapkan komisioner di tingkat kabupaten/kota dapat menyelesaikan sengketa Pilkada tanpa bantuan siapapun. Hal ini dikarenakan, anggota KPU dianggap lebih memahami masalah dan menguasai alat bukti yang dibutuhkan, serta memiliki tanggung jawab karena menangani langsung masalah yang digugat.

“Pengacara lebih pada administrasi pengadilan. Jangan dibalik. Jangan pengacara yang lebih menonjol, sedangkan KPU lepas tangan,” katanya, Rabu (23/9).

Oleh karena itu, pihaknya akan  membantu komisioner KPU kabupaten/kota untuk memahami aturan, mengindentifikasi gugatan, serta menyiapkan alat bukti dan jawaban. Sebagai langkah awal, seluruh anggota KPU kabupaten/kota diingatkan untuk memahami berbagai regulasi yang menjadi dasar penyelenggaraan Pilkada, mulai dari UU, PKPU, hingga Peraturan Bawaslu.

Kemudian, seluruh penyelenggara Pilkada juga diharapkan untuk mampu mengelola semua administrasi kepemiluan yang dibutuhkan dalam persidangan nantinya. Selama ini, seringkali dokumen dan administrasi tidak digunakan dalam persidangan karena tidak dikelola dengan baik sejak tahapan awal Pilkada dijalankan.

Padahal, lanjut Benget, penguasaan dokumen tersebut sangat dibutuhkan karena memberikan pengaruh yang sagat signifikan dalam keputusan hakim.

“(Dokumen) itu akan menjadi ‘amunisi’ dalam menjawab semua gugatan. Dokumen itu memiliki pengaruh dan ‘suara besar’ jika ditampilkan dalam pengadilan,” imbuhnya.(wol/cza/data2)

Check Also

KPU Sahkan Suara Partai dan Anggota DPRD Sumut Dapil Sumut 8

MEDAN, Waspada.co.id – KPU Sumut mengesahkan rekapitulasi penghitungan suara partai dan calon anggota DPRD provinsi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.