_
Home / Pemilu / Kapolri Ingatkan Jaga Netralitas di Pemilu 2019
Foto: Okezone

Kapolri Ingatkan Jaga Netralitas di Pemilu 2019

JAKARTA, Waspada.co.id – Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta jajarannya bersama TNI untuk siap mendeteksi dini setiap ancaman konflik di Pemilu 2019. Tito mengatakan hal itu karena penting agar konflik tak menjalar ke berbagai daerah lainnya.

“Sekali lagi saya minta kepada rekan-rekan jajaran TNI-Polri. Mari pertama solid Polri saudara TNI dan TNI saudara Polri kita mitra penting bagi bangsa ini kita laksanakan langkah-langkah deteksi konflik, siapkan diri dalam latihan-latihan,” kata Tito di silang Monas, Jakarta Pusat, Selasa (18/9).

Tito juga mengatakan deteksi dini ini akan dilakukan dengan langkah-langkah proaktif dan preventif. Ia berharap anggotanya sigap untuk mencegah konflik.

“Polri TNI bersinergi membuat rencana pengamanan yang lebih detail sampai dengan daerah-daerah. Kemudian Polri TNI mengedepankan langkah-langkah proaktif, represif dan preventif untuk mendeteksi menginventarisasi potensi konflik. Setelah itu mencegahnya agar tidak pecah menjadi konflik,” ujar Tito.

“Ketika terjadi konflik maka harus cepat diselesaikan dengan mengindahkan standar operating yang ada termasuk diantaranya perlindungan terhadap hak asasi manusia serta tidak mengedepankan kekerasan yg berlebihan yang justru bisa menjadi kontraproduktif,” sambung dia.

Terakhir, Tito meminta seluruh anggota korps Bhayangkara dan TNI untuk menjaga netralitas dalam pesta demokrasi 2019 ini. Selain itu, TNI-Polri akan berusaha semaksimal mungkin agar pesta demokrasi 2019 berjalan aman.

“Pegang Teguh sikap netralitas kemudian ysng paling utama lagi tentunya kita harus berusaha apapun resikonya Pemilu 2019 harus berlangsung aman, damai, lancar kompetisi berlangsung secara sehat dan tidak boleh mengorbankan menjadi konflik yang dapat mengorbankan perpecahan kesatuan dan persatuan bangsa. Bagi Polri dan TNI NKRI adalah harga mati,” tegas Tito. (inilah/ags/data1)

Check Also

Aksi Massa, Gedung DPRD Mimika Dilempari Batu

MIMIKA, Waspada.co.id – Aksi massa warga di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Rabu (21/8), yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.