_
Home / Pemilu / Jika Demokrat Gabung Pemerintah, Jokowi Dinilai Bakal Rugi
foto: okezone

Jika Demokrat Gabung Pemerintah, Jokowi Dinilai Bakal Rugi

JAKARTA, Waspada.co.id – Partai Demokrat yang ingin bergabung ke pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dinilai mengandung risiko politik yang tidak menguntungkan, baik bagi Jokowi maupun publik.

Menurut Arya Fernandes selaku peneliti Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Selasa (13/8), tak ada kebutuhan khusus bagi Jokowi menambah dukungan partai di koalisi dengan merekrut Demokrat.

“Koalisi politik yang gemuk akan membuat Jokowi kerepotan bernegosiasi tentang kebijakan dan program dengan partai-partai koalisi,” katanya.

“Dengan kemampuan pemerintah yang rendah dalam meloloskan RUU di DPR, pemerintah sulit untuk punya daya tawar yang kuat saat mengusulkan RUU,” papar Arya.

Arya melanjutkan, dengan mengefektifkan koalisi sebelum pemilu dan memberikan alokasi yang proporsional kepada partai pendukung, posisi politik Jokowi dinilai sudah cukup aman. Bergabungnya Demokrat juga dikhawatirkan akan menimbulkan tumbangnya demokrasi di Indonesia.

Sebab, koalisi 01 (pendukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019) sudah cukup besar. Ditambah sinyal bergabungnya Gerindra dan PAN, maka oposisi diprediksi hanya berkekuatan 10 persen di parlemen nantinya.

“Koalisi ini akan mendominasi sekitar 90 persen di parlemen. Kalau ini terjadi, maka akan menciptakan kiamat politik di parlemen dan demokrasi akan mati suri karena tak signifikannya partai oposisi,” ujar Arya lagi.

Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, mengatakan arah partainya telah bulat memperkuat pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin untuk lima tahun ke depan. Namun, menurutnya, dukungan itu belum dinyatakan secara resmi.

“Ya, itu sikap resmi dan opsi terdepan. Tapi semua kembali ke Pak Jokowi,” kata Ferdinand menambahkan Demokrat siap membantu pemerintah jika ada ajakan bergabung dari Jokowi. (wol/aa/kcm/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Prabowo: Semua Unsur Harus Bekerja Keras agar Bangsa Tetap Utuh

  JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyampaikan pesan khusus dalam menyambut Hari ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.