Home / Pemilu / Jelang Reuni Alumni 212, Ini Tanggapan TKN Jokowi-Maruf
Foto Ilustrasi Okezone

Jelang Reuni Alumni 212, Ini Tanggapan TKN Jokowi-Maruf

agregasi

 

JAKARTA – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo (Jokowi) – Maruf Amin, Inas Nasrullah Zubir berharap agar pihak kepolisian dapat menegakkan undang – undang yang berlaku pada kegiatan Reuni Alumni 212 yang rencananya akan digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, pada Minggu, 2 Desember 2018.

Hal tersebut lantaran, kata Inas, dalam beberapa kali unjuk rasa maksi bela Islam sedianya melanggar aturan dalam UU Nomor 8/1998, yang dimana, mewajibkan peserta unjuk rasa mematuhi undang-undang dan peraturan lain-nya yang berlaku, yakni UU 38/2004 tentang jalan raya.

“Dimana setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan di dalam ruang milik jalan, artinya bahwa berunjuk rasa di jalan umum adalah dilarang karena mengakibatkan masyarakat tidak dapat berlalu lintas,” kata Inas dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa, (20/11/2018).

demo

Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan, bahwa Reuni Alumni 212 harus memperoleh izin keramaian dari kepolisian berdasarkan Pasal 15 Ayat (2) butir (a) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Bila dianggap tidak tepat dilaksanakan di Monas, maka polisi boleh untuk menolak,” papar Politikus Partai Hanura ini.

Dengan kondisi tersebut, lanjut Inas, diharapkan pihak kepolisian dapat benar – benar tegas menegakan undang-undang yang berlaku.

“Selain itu juga karena reuni tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu tahapan pemilu, maka Bawaslu wajib mencermati apakah Reuni Alumni 212 tersebut melanggar PKPU 23/2018? karena rapat umum baru diperbolehkan pada tanggal 24 maret 2019,” pungkasnya.

Check Also

Jadi Tersangka, Habib Bahar Terancam 5 Tahun Penjara

  JAKARTA – Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Syahar Diantono mengatakan, Habib ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: