_
Home / Pemilu / Ini Sumpah yang Akan Diucapkan Jokowi dan Ma’ruf Amin saat Pelantikan
(Foto : Arie Dwi Satrio/Okezone)

Ini Sumpah yang Akan Diucapkan Jokowi dan Ma’ruf Amin saat Pelantikan

JAKARTA – Persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2014, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin (Jokowi-Maruf) sudah mencapai 95 persen.

Rencanannya pelantikan akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu, 20 Oktober 2019 pukul 14.30 WIB.

Seperti diberitakan iNews, berdasarkan susunan acara (rundown) pelantikan presiden dan wakil presiden, berikut urutannya;

1. Sidang paripurna pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan akan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

2. Acara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) yang memimpin sidang akan membuka dengan membaca surat keputusan Komisi Pemilihan (Umum) tentang penetapan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.

3. Kemudian, presiden dan wakil presiden terpilih mengucapkan sumpah. Rohaniawan akan berdiri di sisi kanan saat keduanya mengucapkan sumpah.

Isi sumpah yang akan dibacakan pada pelantikan presiden dan wakil presiden adalah:

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia (Wakil Presiden Republik Indonesia) dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa.”

4. Setelah mengucapkan sumpah, Jokowi-Ma’ruf menandatangani berita acara pelantikan.

5. Jokowi akan memberikan pidato resmi pertama sebagai Presiden kedelapan RI di hadapan tamu undangan yang terdiri dari pejabat negara, pimpinan partai politik, mantan pemimpin negara, tamu kehormatan dari negara sahabat dan lainnya.

6. Sidang paripurna pelantikan presiden akan ditutup sekitar pukul 15.48 WIB, setelah pembacaan doa yang akan dipimpin Prof. K.H. Nasaruddin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta.

7. Acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

适适

Check Also

Jokowi Hidupkan Kembali Jabatan Wakil Panglima TNI

  JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 65 Tahun 2019 ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.