Home / Pemilu / Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma’ruf Akan Diserahkan ke KPU
foto: Kompas

Hasil Tes Kesehatan Jokowi-Ma’ruf Akan Diserahkan ke KPU

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ilham Oetama Marsis, mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan pasangan bakal capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) rencananya diserahkan ke KPU pada Rabu (15/8). Jokowi dan Ma’ruf telah menyelesaikan proses pemeriksaan kesehatan capres-cawapres selama lebih dari 12 jam pada Minggu (12/8).

Ilham mengatakan pihaknya telah menyerahkan surat tanda selesai melakukan pemeriksaan bagi bakal capres-cawapres. “Kami memberikan hasil pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani. Hasil itu jadi pegangan KPU untuk memutuskan apakah yang bersangkutan dapat melanjutkan untuk menjadi capres atau cawapres,” ujar Ilham saat memberikan keterangan pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Ahad malam.

Dia melanjutkan, hasil rekam pemeriksaan kesehatan akan menjadi hak RSPAD. Sementara itu, data yang diserahkan ke KPU adalah kesimpulan pemeriksaan jasmani dan rohani.

“Hasil pemeriksaan itu apakah yang bersangkutan punya kemampuan melaksanakan tugas secara fisik, mandiri dalam jangka waktu lima tahun. Adapun pemeriksaan yang kami lakukan adalah pemeriksaan rutin yang menggunakan peralatan modern, sehingga untuk Pak Jokowi lebih cepat. Sementara untuk Pak Ma’ruf karena pertama kali memang dimulai setelah Pak Jokowi,” jelasnya.

Dia melanjutkan, jika tes kesehatan semua pasangan bakal capres-cawapres telah selesai selama dua hari, nantinya IDI akan menyelenggarakan hasilnya kepada KPU.

Selain itu, hasil pemeriksaan juga diserahkan kepada pasangan bakal capres-cawapres. Data hasil pemeriksaan kesehatan pun akan disimpan oleh IDI.

“Semoga hari Rabu sudah bisa (diserahkan). Kami akan melakukan konferensi pers saat menyerahkan ke KPU. Pihak KPU akan kami dampingi,” tegasnya.

Sementara itu, pemeriksaan terhadap Jokowi dan Ma’ruf dilakukan selama lebih dari 12 jam. Pemeriksaan dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Jokowi dan Ma’ruf baru keluar dari gedung Medical Check Up RSPAD sekitar pukul 20.25 WIB.

Saat melakukan konferensi pers, Jokowi menyatakan telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan dengan lancar. “Insya Allah sehat semuanya. Karena kalau kita lihat, beliau (Ma’ruf Amin) juga masih segar bugar, saya masih segar bugar,” ungkap Jokowi. (republika/ags/data1)

Check Also

Buwas: Pramuka Dilarang Berpolitik

CIBUBUR, Waspada.co.id – Ketua Kwarnas Pramuka, Komisaris Jenderal Polisi (purnawirawan) Budi Waseso kembali mengingatkan bahwa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: