_
Home / Pemilu / Gerindra Sumut Siapkan 85.200 Saksi Pilpres
Ilustrasi Okezone

Gerindra Sumut Siapkan 85.200 Saksi Pilpres

MEDAN, Waspada.co.id – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan 85.200 saksi untuk mengawal Pemilu pada 17 April 2019. Saksi tersebut sudah ditempatkan di 42.600 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sumut.

“Kami sudah menempatkan dua saksi di setiap TPS, saksi untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan saksi Pemilihan Presiden (Pilpres). Jadi, kalau saksi pileg dan saksi pilpres di kali dua yakni 42.600 x 2 totalnya 85.200 saksi se-Sumut,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu, Kamis (2/5) kemarin.

Ketua Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandiaga Sumatera Utara itu mengakui ada penambahan TPS pada pemilu kali ini dibandingkan dengan Pilgub Sumut yang hanya 27.000 TPS. Karena itu, Gus Irawan memastikan partainya menyiapkan saksi cadangan.

“Setiap tahun kita selalu menyiapkan saksi cadangan. Karena bisa saja di hari H ada yang berhalangan jadi kita siapkan saksi cadangan,” ujarnya. Menurut Gus Irawan, saksi di TPS akan memonitor kondisi langsung di lapangan. Apalagi saksi yang diterjunkan ke lapangan sebelumnya telah dibekali agar bisa menjaga suara-suara pilihan rakyat.

“Kami mendesain (membentuk) saksi ini untuk bisa mengawal suara rakyat. Sungguh kami tidak ada mendisain saksi kita itu untuk melakukan kecurangan. Tapi menjaga pilihan rakyat supaya benar-benar dituangkan dalam rekap perhitungan di semua tingkatan,” terangnya.

Saat ditanyakan apakah saksi diberikan bayaran? Ketua Ketua Pemenangan Prabowo-Sandi di Sumut ini tak menampik adanya bayaran yang diberikan.

“Saksi yang siapkan di seluruh TPS akan diberikan honor saksi,” pungkasnya tanpa menyebutkan berapa nominal yang diberikan per orang.

Gus Irawan juga mengimbau agar masyarakat untuk turut mengawal pemilu 2019, bila ada indikasi-indikasi kecurangan yang ditemukan di lapangan. “Masyarakat juga turut serta mengawal pemilu. Sebelum ada kecurangan tadi kita kawal terlebih dahulu. Jadi kita berharap partisipasi masyarakat. Akan lebih kuat pengawasan kalau masyarakat ikut berpartisipasi mengawal suara-suara di TPS,” tutupnya. (wol/min/data2)

Editor: Agus Utama

Check Also

Gerindra: Pertemuan Lanjutan Prabowo-Jokowi Juga Akan Dihadiri Megawati

JAKARTA ‎- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan kembali bertemu dengan Ketua Umum Partai ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: