_
Home / Pemilu / Gerindra Kuasai Tanah Jawara, 16 Calegnya Duduk di Parlemen
Ilustrasi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat Kampanye (foto: Okezone)

Gerindra Kuasai Tanah Jawara, 16 Calegnya Duduk di Parlemen

SERANG – Rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Banten pemilu 2019 di Hotel Royal Krakatau, Cilegon sudah digelar. Hasilnya, Partai Gerindra memperoleh kursi terbanyak dibandingkan partai lainnya.

Ketua KPU Banten Wahyul Furqan mengatakan, Partai Gerindra memperoleh kursi terbanyak di DPRD Provinsi Banten dengan 16 kursi, disusul PDIP 13 kursi.

Partai Golkar 11 kursi, PKS 11 kuri dan Demokrat 9 kursi. Selanjutnya, PKB 7, PAN 6, PPP 5, NasDem 4, Berkarya 1, PSI 1 dan Hanura 1 kursi.

Sementara itu, partai politik yang tidak mendapat kursi di DPRD Banten periode 2019-2024 ada empat partai, yakni Partai Garuda, Partai Perindo, PBB dan Partai PKPI.

“Apa yang kami bacakan, dan kami berikan kesempatan kepada yang hadir baik itu saksi dari partai politik, bawaslu, forkopimda bahwa semua proses hari ini clear (disetujui perolehan hasil pemilu 2019),” kara Wahyul kepada awak media.

Dijelaskan dia, pelantikan ke 85 anggota DPRD Provinsi Banten menunggu keputusan dari Mentri Dalam Negeri. Sebelumnya, KPU Banten akan mengirimkan berkas administrasi para anggota dewan terpilih ke Gubernur Banten Wahidin Halim dilanjutkan ke Kemendagri.

“Administrtif syaratnya supaya terpenuhi. Hasil hari ini akan segera disampaikan (ke Gubernur Banten),” ujarnya.

Sekadar informasi, pada Pemilu 2019 partai besutan Prabowo Subianto itu menggeser dominasi PDIP yang mana pada Pemilu 2014 mendapatkan kursi di DPRD Banten terbanyak yakni 17 kursi.

Sementara urutan kedua diraih oleh Partai Golkar yang memperoleh 13 kursi, selanjutnya diikuti oleh PDIP Partai Gerindra yang memperoleh 10 kursi.

Urutan keempat diraih oleh Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang meraih masing-masing 8 kursi. Urutan kelimat diraih oleh Partai NasDem dan Partai Hanura yang meraih masing-masing 7 kursi.

Selanjutnya urutan keenam diraih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang meraih 6 kursi, selanjutnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 5 kursi dan Partai Amanat Nasional (PAN) 3 kursi.

Check Also

Jatah Kursi Menteri Jokowi Diprediksi Didominasi Partai Koalisi

JAKARTA – Wasekjen Partai Hanura Tri Dianto memprediksi, kursi menteri di kabinet kerja jilid II ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.