_
Home / Pemilu / Gerindra Buka Pendaftaran Balon Kepala Daerah 16-31 Oktober 2019
Ketua DPD Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu, saat memberi pengarahan dalam Rakornis Pilkada Serentak 23 Kab/Kota 2020, di Hotel Danau Toba, Sabtu (12/10). (Ist)

Gerindra Buka Pendaftaran Balon Kepala Daerah 16-31 Oktober 2019

MEDAN, Waspada.co.id – Gus Irawan Pasaribu mengatakan tidak lagi begitu bangga jika dalam Pilkada Gerindra disebut menang 60 persen atau 70 persen. Hal tersebut dikatakannya di Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pilkada serentak tahun 2020 di 23 kab/kota di Hotel Danau Toba, Sabtu (12/10).

Dikatakan, proses pendaftaran calon kepala daerah akan dibuka serentak dijadwalkan 16 Oktober, ditutup 31 Oktober.

“Kita menangnya banyak, tapi manfaatnya nol. Untuk apa. Kita mau gagah-gagahan menang atau memberi manfaat untuk partai,” tanyanya.

“Manfaat…,” jawab peserta Rakornis. “Kalau pribadi saya pilih manfaat. Dan Gerindra Sumut pun akan memilih yang memberi manfaat untuk partai ini ke depan,” jelasnya.

“Jadi kita pilih kader diusung di Pilkada yang memberi manfaat. Kalau kalah sekalipun namun jika struktur partai serta konsolidasi berjalan lebih solid, kita harus pilih itu. Daripada menang tapi kita ditinggal. Yang ada nanti malah sakit hati,” ungkapnya. Dalam kesempatan Rakornis kemarin, Gus Irawan mengatakan mengutamakan kader sendiri.

“Namun banyak juga tokoh masyarakat dan pemuda potensial yang punya niat baik membangun daerahnya. Tentu hal ini positif dan harus didorong agar mendaftar ke Gerindra,” tegasnya.

Gus Irawan mengatakan, dengan dibuka seluas-luasnya pendaftaran calon kepala daerah di masyarakat, maka Gerindra sepakat menggratiskan semua biaya pengembalian, pemulangan formulir dan pemberkasan lainnya. Katanya, hal itu penting demi menjaga stigma positif Partai Gerindra dan menarik minat para kader dan masyarakat luas.

Gus Irawan mengatakan sejauh ini sudah banyak yang berkomunikasi dan berkonsultasi secara informal terkait pencalonan Pilkada di berbagai daerah yang melaksanakan Pilkada, baik dari kader internal maupun masyarakat. Sebab itu, Rakornis diselenggarakan untuk mematangkan persiapan pendaftaran calon kepala daerah agar pendaftarannya berlangsung formal.

“Bagi para kader dan masyarakat yang berniat maju sebagai calon kepala daerah, silakan mendaftar ke DPC Gerindra Kab/kota, karena pendaftaran dibuka di tingkat DPC,” kata Gus Irawan.

Untuk koalisi, Gus Irawan mengatakan Gerindra terbuka pada partai mana pun, mengingat di beberapa daerah tidak semua calon kepala daerah bisa diusung sendiri oleh Gerindra. Rakornis Pilkada serentak dihadirii unsur DPC 23 kab/kota pelaksanaan Pilkada, anggota DPRD Sumut dan Kab/kota serta para kader Gerindra. (wol/min/data1)
Editor: Agus Utama

适适

Check Also

Gerindra Diisukan Gabung Jokowi, PAN Tegaskan Tetap di Luar Pemerintah

JAKARTA, Waspada.co.id – Anggota Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Dradjad Wibowo menegaskan PAN akan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.