_
Home / Pemilu / Demokrat Sarankan Jokowi Tak Hanya Lobi Pimpinan Parpol
foto: kompas

Demokrat Sarankan Jokowi Tak Hanya Lobi Pimpinan Parpol

JAKARTA, Waspada.co.id – Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat, Amir Syamsuddin, tak mempermasalahkan Presiden Joko Widodo memaksimalkan lobi-lobi politiknya menjelang pelantikan presiden pada 20 Oktober mendatang.

“Tidak ada alasan untuk menilai salah strategi seperti ini (lobi-lobi politik Jokowi). Beliau (Jokowi) nampaknya telah belajar banyak dari lima tahun periode pertama masa jabatan presidennya,” kata Amir, Sabtu (12/10).

Kendati demikian, Amir menyarankan Jokowi tak hanya melakukan lobi-lobi kepada kelompok formal seperti pimpinan parpol. Ia menyarankan Jokowi juga menyapa para mahasiswa dan cendekiawan menjelang acara pelantikannya.

“Saya ingin mengingatkan juga agar lobi politik janganlah hanya ke kelompok formal semata, karena di luar sana ada saudara-saudara dan terutama adik-adik kita dari kalangan mahasiswa dan cendekiawan yang pasti cukup strategis dan penting untuk juga disapa, didengar dan kalau perlu dirangkul,” ujarnya.

Amir mengatakan Jokowi harus mendengarkan aspirasi dan harapan para mahasiswa. Ia juga menyinggung, setidaknya Jokowi memberi jawaban atas tuntunan mahasiswa terkait penerbitan Perppu UU KPK.

“Jelas, itu saya yakin bahwa walaupun situasi relatif tenang, tidak cerdas manakala aspirasi mereka yang sejujurnya adalah aspirasi rakyat tidak dianggap dan diperhitungkan,” pungkasnya.

Dalam pekan ini, Jokowi mengundang dua ketua umum parpol ke Istana Kepresidenan. Pada Kamis (10/10), Presiden Jokowi bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Jokowi mengakui pertemuan itu membahas situasi politik terkini. Lalu, esok harinya presiden bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membahas kemungkinan bergabungnya Gerindra ke koalisi partai politik pendukung pemerintahan.

“Tapi untuk urusan yang satu ini belum final,” ujar Jokowi.

“Saya sampaikan ke beliau, kalaupun kami diperlukan (di pemerintahan), kami siap membantu,” ujar Prabowo. (wol/aa/kcm/data2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL

适适

Check Also

Soeharto dan Gus Dur Terganjal Raih Pahlawan Nasional, Ini Penyebabnya

JAKARTA – Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Negara, Jimly Asshiddiqie menjelaskan, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.