Home / Pemilu / Debat Capres Kedua, Prabowo Akan Soroti Kedaulatan Pangan
foto: detik

Debat Capres Kedua, Prabowo Akan Soroti Kedaulatan Pangan

JAKARTA, Waspada.co.id – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Zulkifli Hasan menyatakan capres nomor urut 02 akan banyak menyoroti kedaulatan pangan saat debat capres kedua Minggu (17/2) mendatang.

Debat capres kedua mengusung tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Debat ini hanya akan mempertemukan capres Prabowo dan Joko Widodo.

“Oleh karena itu perdebatan besok itu penting sekali mengenai [kedaulatan] makan. Apa makan itu beras, minyak goreng, gula, garam. Banyak,” kata pria yang akrab disapa Zulhas itu di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (12/2).

Zulhas menjelaskan kedaulatan pangan di Indonesia sangat strategis dan dapat menentukan kemajuan bangsa di masa depan.

Ia juga meyakini masyarakat dan demokrasi di Indonesia akan berkualitas bila ketahanan pangannya mampu berdaulat.

Sebaliknya, kata dia, pemerintah tak akan mampu berlaku adil kepada masyarakat bila persoalan pangan belum berdaulat. “Bangsa itu akan adil, bangsa itu bisa setara demokrasinya, bisa berkualitas rakyatnya, bisa berprestasi, bagus kalau makannya itu berdaulat,” kata dia.

“Itu syarat makin mendasar dunia. Dimanapun kalau kita makannya enggak bisa berdaulat, masih beli, enggak mungkin bisa berlaku adil, enggak bisa jadi negara maju dan tidak bisa menjadi negara besar karena makan saja,” kata Zulhas menambahkan.

Selain kedaulatan pangan, Zulhas mengatakan Prabowo akan membawa isu kedaulatan energi dalam debat capres.

Menurut Zulhas Indonesia belum berdaulat dalam bidang energi karena masih bergantung pada negara lain. Padahal, kata dia, Indonesia merupakan negara kaya yang memiliki berbagai sumber daya terbarukan yang bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif.

“Saya kira energi juga kebutuhan pokok, ya, jadi kalau energi kita juga tak berdaulat itu akan tergantung kepada negara lain itu juga tidak bisa dibilang maju,” ujar Zulhas. (cnnindonesia/ags/data1)

Check Also

Visi Misi Prabowo Dinilai Tak Jamin Perlindungan Terhadap Perempuan

JAKARTA, Waspada.co.id – Komnas Perempuan dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengkritik visi dan misi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: