Home / Pemilu / Cegah Kecurangan, Ketua DPR Minta KPU Bereskan DPT Ganda
Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Okezone)

Cegah Kecurangan, Ketua DPR Minta KPU Bereskan DPT Ganda

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelesaikan persoalan daftar pemilih tetap (DPT) ganda untuk Pemilu 2019. Bila tidak, katanya, bisa merusak proses demokrasi karena kecurangan.

“Mendorong KPU untuk segera melakukan verifikasi terhadap temuan data pemilih ganda dalam DPT dan menginformasikan hasilnya kepada masyarakat agar tidak menimbulkan keresahan. Tidak boleh ada penyalahgunaan hak pilih,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu melalui pesan singkat, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Ilustrasi

KPU, sambungnya, harus lebih cermat menyisir daftar pemilih agar data yang digunakan bisa valid. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan memperhatikan hasil sensus pendukung dari lembaga yang berwenang.

“Mengingat hasil sensus tersebut belum tentu valid karena seiring berjalannya waktu kemungkinan ada warga yang meninggal dunia atau yang usianya telah memasuki usia wajib pilih,” tuturnya.

Seperti diketahui, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan ada 131.366 data pemilih ganda dalam DPT di 76 kabupaten/kota. Dari situ bisa dianalisis, data ganda dalam DPT bisa mencapai 1,3 juta.

Check Also

Tudingan Demokrat Tak Solid Dukung Prabowo, Sandiaga Ungkap Fakta

JAKARTA, Waspada.co.id – Calon wakil presiden Sandiaga Salahudin Uno menjawab rumor yang berkembang tentang sikap ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: