_
Home / Pemilu / BPN Minta Hadirkan 30 Saksi di Persidangan Sengketa Pemilu, Ini Kata TKN
Sidang MK (Okezone)

BPN Minta Hadirkan 30 Saksi di Persidangan Sengketa Pemilu, Ini Kata TKN

agregasi

 

JAKARTA – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin merespon permintaan kubu Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi yang meminta untuk dapat diperbolehkan menghadirkan 30 saksi dalam sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

Wakil Ketua TKN, Arsul Sani memandang permintaan jumlah saksi kubu Prabowo di persidangan sangat menabrak Peraturan MK yang sudah ada.

“Jangan kemudian karena baru kepikiran sekarang saksinya banyak, kemudian mau mengobrak abrik semua ketentuan beracara, kalau dari awal mereka well plan, well organize, direncanakan baik, (maka) bukan hanya pikiran sesaat,” ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/6/3019).

Dia turut menjelaskan mengenai Peraturan MK nomor 4 tahun 2018 secara jelas dinyatakan bahwa jumlah saksi yang diperbolehkan adalah sebanyak 15 saksi fakta dan dua saksi ahli. Dia pun menyindir jika kubu Prabowo-Sandi tak paham mengenai hal tersebut.

“Kalau mau protes sebelum mengajukan permohonan memangnya tidak dibaca dulu peraturan tata tertibnya?,” katanya Arsul.

Terkait dengan permintaan tim hukum Prabowo-Sandi yang khwatir dengan saksi yang akan dihadirkan, politkus PPP ini menduga hal itu sengaja dibuat untuk menggiring narasi.

“Salah satu yang harus kita kagumi dari tim hukum 02 adalah ikhtiar menciptakan narasi atau opini publik, apakah faktanya demikian kan belum jelas,” beber Arsul.

Selain itu, soal permintaan perlindungan saksi yang diajukan Tim Hukum Prabowo-Sandi pun dianggap tak memenuhi syarat. Pada UU 13 2006 tentang perlindungan saksi dan korban, saksi yang dilindungi adalah saksi dalam perkara pidana, sementara, kasus ini adalah kepemiluan.

“Apakah kemudian akan diterima atau tidak oleh LPSK atau MK, ya silahkan diputuskan, TKN tak dalam posisi mementang atau tak menentang itu,” tutup dia.

Check Also

JAKARTA – Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, meminta partainya untuk tetap berada di luar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: