Breaking News
Home / Pemilu / Awasi Pilkada, Bawaslu Berharap Peran Masyarakat
WOL Photo/Ega Ibra

Awasi Pilkada, Bawaslu Berharap Peran Masyarakat

MEDAN, WOL – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Sumatera Utara Syafrida Rasahan mengatakan, partisipasi masyarakat sangat penting dalam penyelenggaraan pesta demokrasi yang jujur, adil dan berkualitas.

Kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada akan menghasilkan pemilihan yang berkualitas.

Oleh karena itu, lanjut Syafrida, pihaknya memberikan pemahaman terkait bentuk dan potensi dan pelanggaran dalam pilkada. Ia berharap, masyarakat dapat memahami haknya sebagai pemilih.

“Masyarakat itu bukan hanya berhak memberikan suara, tapi juga memiliki hak untuk melaporkan jika ada tindak pelanggaran, katanya, Minggu (20/9).

Anggota Bawaslu Sumut Hardi Munthe menambahkan, partisipasi masyarakat ini juga dibutuhkan mengingat keterbatasan personel pengawas pilkada. Ia mencontohkan, banyak potensi politik uang (money politic) yang terjadi pada saat kampanye dan masa tenang.

“Peristiwa ini bisa saja terjadi di ruang eksklusif dan lepas dari pantauan pengawas. Makanya masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada ini,” imbuhnya.(wol/cza/data1)

Check Also

Mendagri: Pilkada 2018 Rasa Pilpres 2019

JAKARTA, Waspada.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengakui aroma Pilpres 2019 mulai terasa semenjak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: