_
Home / Pemilu / 57 Calegnya Belum Serahkan LHKPN, PDIP: Maklum Banyak Bukan Pejabat
Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hendrawan Supratikno (foto: Ist)

57 Calegnya Belum Serahkan LHKPN, PDIP: Maklum Banyak Bukan Pejabat


JAKARTA – KPU menyatakan 57 calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 dari PDI Perjuangan belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). PDIP menginstruksikan para segera menyerahkan laporan harta kekayaannya itu ke KPU.”Kami sudah menginformasikan dan mendorong mereka untuk segera menyerahkan LHKPN,” kata Ketua DPP PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno saat dikonfirmasi Okezone, Minggu (1/9/2019).

KPU menyatakan caleg terpilih untuk DPR RI paling banyak yang belum menyerahkan LHKPN berasal dari PDIP. Dari 128 caleg PDIP yang lolos ke Senayan, baru 71 orang menyerahkan LHKPN per 20 Agustus 2019. Sisanya 57 orang lagi belum menyerahkan.

KPU memberikan waktu sampai 7 September 2019 agar mereka segera menyerahkan LHKPN, karena itu jadi salah satu syarat mereka bisa dilantik sebagai anggota DPR RI pada 1 Oktober nanti.

Hendrawan beralasan masih ada sebagian caleg PDIP terpilih belum terlalu mengerti cara melaporkan LHKPN. “Ada yang belum paham betul seluk beluk pengisian LHKPN. Maklum, banyak yang sebelumnya bukan pejabat negara,” tutur Hendrawan.

Hendrawan menyatakan, PDIP memang menjadi partai yang paling banyak merebut kursi parlemen. Namun, kata dia, partainya itu bukanlah yang paling banyak belum menyerahkan LHKPN.

“Secara absolut jumlahnya banyak karena caleg yang terpilih juga terbesar 128 anggota. Secara prosentase/relatif bukan yang terbesar,” ucap Hendrawan.

Check Also

Adian Napitupulu Tolak Tawaran Jokowi Jadi Menteri

DENPASAR, Waspada.co.id – Politisi PDI Perjuangan (PDIP), Adian Napitupulu, mengaku sempat ditawari oleh Presiden Joko Widodo ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.