_
Home / Medan / YSKI dan Panitia Natal PWI Sumut Bantu Penyandang Disabilitas
Istimewa

YSKI dan Panitia Natal PWI Sumut Bantu Penyandang Disabilitas

MEDAN, WOL – Warga Sumut, khususnya penyandang disabilitas dan lanjut usia dari wilayah Medan dan sekitarnya, antusias mengikuti bakti sosial (Baksos) yang digelar di Halaman Gedung Alfa Omega, Jalan Diponegoro No. 30 Medan, Jumat (1/12).

Acara Baksos ini diselenggarakan Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI), Panitia Natal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut 2017, Panitia Natal Oikumene Provsu, TVRI, Rumah Sakit Royal Prima, dan Son og God Ministry (SGM).

Tampak hadir dalam acara tersebut, Ketua Koordinator Kemanusiaan YSKI drg Annita, Indra Hutauruk, Ketua Panitia Natal PWI Sumut Benny Pasaribu, Sekretaris Jonris Purba, Bendahara Donna Hutagalung, Sumuang Nababan, Ketua Yayasan Prestasi Lanjut Usia Sumut, H Sanggup Purba, dan lainnya.

Antusiasme warga terlihat dari kesungguhan mereka datang berbondong-bondong untuk mendapatkan bantuan sembako gratis yang diberikan panitia saat itu, seperti beras, gula, alat kebutuhan mandi, sendal, roti, dan sembako lainnya.

“Saya senang bisa mendapatkan kebutuhan sembako di bakti sosial ini, gratis lagi,” ujar Lasmini, salah seorang warga dari Medan Perjuangan.

Sejumlah orang tua lanjut usia (Lansia) dan penyandang disabilitas mengaku “mengejar” layanan baksos itu, karena dapat meringankan sedikit beban hidup mereka, khususnya dalam kebutuhan sembako. Diharapkan mereka, acara seperti ini dapat berlanjut terus kedepannya. Dari rekapitulasi pelayanan bakti sosial bersama itu, berhasil mencatat 1.200 orang yang diberi bantuan.

Di sela-sela acara tersebut, drg Annita yang didampingi Indra Hutauruk, menjelaskan kegiatan ini digelar dalam menyambut Hari Disabilitas yang setiap tahunnya jatuh pada 3 Desember 2017.

“Melalui cara ini kita bisa membantu mereka maupun Lansia, yang kadang hak mereka kurang diperdulikan di tengah-tengah masyarakat. Makanya melalui acara ini, kita bisa saling berbagi dan perduli dengan mereka,” ujarnya.

Dikatakan, belum lama ini YSKI juga menggelar Baksos, berupa pengukuran kaki dan tangan palsu secara gratis kepada penyandang disabilitas (cacat tubuh) yang kurang mampu.

“Kita terus memberikan motivasi dan dorongan kepada mereka, dan YSKI dalam membantu mereka tanpa memandang suku, agama, dan golongan, atau status. Kini YSKI sudah masuk ke kampung-kampung untuk melakukan bakti sosialnya guna membantu masyarakat yang kurang mampu. Hari ini YSKI membantu penyandang disabilitas dan Lansia agar bisa menerima haknya yang sama dengan orang-orang yang sempurna. Untuk itulah sentuhan hati ini harus disahuti secara khusus dan kegiatan sosial ini mengangkat derajat kehidupan masyarakat penyandang disabilitas dan Lansia,” ujar drg Annita.

Sedangkan Ketua Panitia Natal PWI Sumut 2017, Benny Pasaribu SE, mengatakan kegembiraan pihaknya atas antusiasme warga Lansia dan penyandang disabilitas ikuti Baksos ini.

“Menunjukkan bahwa warga masih merindukan layanan kesehatan dan kebutuhan sembako untuk meringankan sedikit beban mereka. Kita harapkan ini bisa berlangsung kedepannya,” tutur Benny.

Dia juga menyampaikan, peran positif seperti itu, akan terus didorong PWI terlaksana secara kontiniu.

“Kami rutin setiap tahun bekerjasama dengan YSKI melakukan Baksos. Aktifnya PWI dalam Baksos, diharapkan juga diikuti lembaga lainnya di Sumut. Sehingga dengan adanya kebersamaan membangun Medan dan Sumut umumnya di bidang kesehatan dan Baksos kebutuhan sembako seperti saat ini, tentu mendorong terwujudnya masyarakat yang sejahtera,” tukasnya.(wol/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

PSMS vs Aceh Babel Kembali Batal

MEDAN, Waspada.co.id – Laga tunda PSMS Medan kontra Babel United dalam lanjutan Liga 2 Indonesia ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.