Home / Medan / YAFSI Gelar Workshop Literasi Media Dengan Tema Fotografi
WOL Photo/eko kurniawan

YAFSI Gelar Workshop Literasi Media Dengan Tema Fotografi

MEDAN, Waspada.co.id – Kampanyekan pendidikan karakter, Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia menggelar Workshop Literasi Media dengan mengangkat tema tentang fotografi.

Turut hadir sebagai pemateri yang merupakan jurnalis dan fotografer media, Ferdy Siregar.

“Penting memberikan kajian atau literasi fotografi kepada anak dan remaja ini. Kita lihat sekarang dalam kasus bencana misalnya, diawali oleh foto dan video warga. Kaum milineal ini sangat akrab dengan handphone dan dunia fotografi dari hp. Jadi penting memberikan mereka pemahaman tentang pengambilan foto yang baik,” ujar Ferdy yang juga anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan.

Dan fotografi lebih dikenal di kalangan mahasiswa pada tahun 2010. Hal ini karena alat yang belum familiar dan juga mahal.

“Di atas tahun 2010 ketika alat fotografi sudah mulai gampang dan juga murah didapat seperti handphone, fotografi menjadi familiar di kalangan pelajar. Anak SD sekarang sudah mulai belajar berswafoto dan juga berselfi,” terangnya, Rabu (12/12).

Dengan adanya workshop literasi media ini, anak dan remaja yang berada di lingkungan Kelurahan Amplas paham tata cara pengambilan dan membagikan foto atau video yang mereka temui.

“Mereka paham untuk tidak menyebarkan hoax, foto yang berbau pornografi atau propaganda. Tetapi mereka paham tentang foto sosial budaya, makanan, tempat wisata karena hal-hal ini punya pangsa pasar yang banyak dan bagus untuk mereka,” jelasnya.

Ditambahkan Ketua Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI), Badriyah, bahwa YAFSI juga turut serta membangun karakter dan kreativitas anak, meningkatkan kesadaran dan kapasitas masyarakat. Dengan program pendidikan karakter berbasis masyarakat untuk anak dan remaja melalui Rumah Pintar, kegiatan ini merupakan dukungan CSR dari PT DOW Indonesia.

“Kami dari YAFSI mengucapkan terimakasih kepada bang Ferdy Siregar yang sudah berbagi ilmunya kepada anak binaan kami ini, semoga nanti ada Hasil-hasil foto yang bagus dari mereka,” pungkasnya.(wol/eko/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Tahun Babi Tanah, Harus Tekun Bekerja

MEDAN, Waspada.co.id – Beberapa pekan lagi Tahun Baru Imlek 2570 akan segera tiba. Di mana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: