_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / YAFSI & FIB USU Sinergi Dorong Ekonomi Perempuan
WOL Photo/eko kurniawan

YAFSI & FIB USU Sinergi Dorong Ekonomi Perempuan

MEDAN, WOL – Pertumbuhan ekonomi salah satu pendorongnya adalah perempuan baik di dunia bisnis, pertanian, karyawan, bahkan sebagai ibu rumah tangga.

Namun ada kalanya,  kontribusi ekonomi perempuan sering tidak dihargai. Selain itu, diskriminasi, kemiskinan dan eksploitasi membatasi perempuan mengambil bagian yang sama dalam perekonomian.

Melihat fenomena tersebut,  Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia (YAFSI) bekerja sama dengan tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara (FIB USU) melalukan pelatihan.

Ketua YAFSI, Badriyah, mengatakan melalui program Workshop pengembangan rajutan untuk ibu-ibu yang tergabung dalam Gerakan Mamak-Mamak Rajut (Gemar) di Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun ini menjadikan satu kegiatan yang bisa membangun para kaum perempuan.

“Karena program kita salah satunya adalah pemberdayaan perempuan yang bertujuan memberikan keadilan akses terhadap ekonomi bagi perempuan,” tuturnya, Sabtu (19/8).

Tentunya, ini yang menjadi latar belakang YAFSI untuk melakukan pemberdayaan ekonomi perempuan, melalui keterampilan merajut, agar perempuan juga bisa ikut andil dalam perekonomian.

Ditambahkan Muhammad Pujiono selaku tim pelaksana dari FIB USU bahwa kegiatan Gemar yang ada di Kampung Aur tersebut, berkaitan dengan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh FIB USU.

Untuk selanjutnya kita akan bekerjasama memasarkan produk mereka. Tujuannya dari kegiatan agar ibu-ibu Kampung Aur dapat menambah uang masuk mereka.

“Tapi untuk saat ini kegiatannya hanya workshop pengembangan merajut. Dan akan ada pembuatan saung untuk ibu-ibu ini berkumpul mengerjakan rajutannya. Semoga kegiatan ini bisa ikut mendongkrak perekonomian,” pungkasnya. (wol/eko)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Wagub Ingin Direksi BUMD Serius Majukan Perusahaan

MEDAN, Waspada.co.id – Seluruh jajaran direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.