Breaking News
Home / Medan / Wow! Utang RPH Medan Rp622 Juta
WOL Photo

Wow! Utang RPH Medan Rp622 Juta

MEDAN, WOL – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Medan terutama Rumah Potong Hewan (RPH) terus mengalami kemunduran. Meskipun satu-satunya RPH yang mendapatkan sertifikat halal di Sumut, namun secara pendapatan lembaga ini terus mengalami devisit atau berkurang.

Dirut RPH Medan, Isfan Fachruddin, mengaku kalau instansinya memiliki utang mencapai Rp622 juta. Kondisi ini ia terima ketika menerima amanah dari Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, pasca pelantikan beberapa tahun yang lalu.

“Kalau cukup permodalan, tempo dua tahun RPH bisa untung. Dan saya bisa mengembalikannya karena kita sendiri yang menentukan harga daging,” ucapnya pada rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Pemko Medan Tahun Anggaran 2017 di ruang Badan Anggaran gedung DPRD Medan lantai dua, Senin (16/4).

Lebih lanjut Isfan menjelaskan, saat ini RPH Medan hanya mendatangkan  hewan yang mau dipotong dari luar daerah, bukan dikembangbiakkan sendiri. Selaku BUMD, seharusnya itu tidak terjadi.

“Jika disawastakan berbeda lagi ceritanya. Saya mendorong agar segera diswastakan saja. Dan saya siap mengelolanya secara pribadi,” ujarnya.

Mengenai pernyataan itu, anggota pansus LKPj, Mulia Asri Rambe, memberikan saran agar pihak RPH dalam LKPj memberikan solusi untuk sama-sama memperbaiki ke depannya. Baginya, RPH harus melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas RPH, sehingga nantinya anggota DPRD Medan bisa merumuskannya menjadi sebuah Perda.

“Kami tak ingin hanya mendengar kerugian saja. Seharusnya BUMD Medan ini juga menyampaikan pendapatnya,” timpal anggota pansus lainnya Beston Sinaga dan Isfan pun selanjutnya menyampaikan bahwa pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan BRI, Supermaket, dan lainnya.(wol/mrz/data1)
Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Meski Puasa, Pelayanan Prima Kepada Masyarakat Harus Ditingkatkan

MEDAN, Waspada.co.id – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, berharap buka puasa yang digelar keluarga besar ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.