Home / Fokus Redaksi / Waspada! Diduga Lengkong Berformalin Beredar di Medan
Ketua Komisi B DPRD Medan, Rajuddin Sagala. (WOL Photo/M. Rizki)

Waspada! Diduga Lengkong Berformalin Beredar di Medan

MEDAN, Waspada.co.id – Ketua Komisi B DPRD Medan, Rajuddin Sagala, meminta Pemko Medan melalui Dinas Perdagangan Medan, Dinas Badan Ketahanan Pangan Medan, Dinas Kesehatan Medan serta Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) melakukan razia lengkong di pasar tradisional dan modern, menyangkut ditemukannya pabrik lengkong berformalin di Kabupaten Langkat belum lama ini.

Medan sebagai kota besar sekaligus ibukota Provinsi Sumatera Utara tidak lepas dari target pemasaran pabrik lengkong berformalin yang digerebek tersebut. Mengingat, lengkong merupakan panganan yang pas disajikan saat berbuka puasa.

“Jangan sampai muncul kasus dulu baru dinas terkait sibuk,” tutur Rajuddin, Kamis (31/5).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini meminta agar BBPOM tidak sekedar menertibkan, namun juga memproses secara hukum para pelaku.

“Biar ada efek jeranya, proses hukum para pelaku, termasuk yang membuat, yang mengedarkan atau pun mendistribusikan. Karena ini berbahaya dikonsumsi, mengandung formalin,” ujarnya.

“Seharusnya pihak BBPOM dan dinkes turun ke lapangan secara berkala, entah per tiga bulan atau empat bulan. Apalagi inikan bulan puasa, banyak beredar makanan yang mungkin masih diragukan kesehatannya,” sarannya.

Sebelumnya, pihak BBPOM Medan menggerebek pabrik atau produsen bahan makanan lengkong berformalin di Desa Blankahan, Kabupaten Langkat, beberapa waktu yang lalu. Dalam aksi tersebut, BBPOM mengamankan sekitar 6 ton lengkong berformalin yang siap edar, 300-an cetak ember dan cetak lempeng, serta puluhan liter formalin. (wol/mrz/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Ahli Gizi: Susu Kental Manis Tak Layak Bagi Anak

Waspada.co.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan produk Kental Manis bukan produk susu dan tak memiliki ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: